“Prinsip Pengorbanan”


Yohanes 12:24-26

MENERIMA
Berdoalah kepada Tuhan agar perenungan firman hari ini dapat mendorong saudara untuk memberikan memahami prinsip dari sebuah pengorbanan.

MERENUNGKAN
1. Apa yang terjadi jika sebuah biji gandum jatuh ke dalam tanah dan mati? (24)
...............................................................................................................
2. Apa kriteria orang yang melayani Tuhan? (26)
...............................................................................................................

PENGAJARAN
Seorang pemadam kebakaran, seringkali harus mempertaruhkan nyawa saat menghadapi kobaran api demi menyelamatkan jiwa orang lain. Tidak jarang mereka berhasil dalam tugasnya, namun tidak sedikit pula petugas pemadam kebakaran yang mengorbankan nyawanya sendiri demi orang lain.
Sambutan orang banyak yang luar biasa terhadap Tuhan Yesus, membuat beberapa orang Yunani yang menuju Yerusalem ingin bertemu Dia. Mengapa mereka ingin bertemu Tuhan Yesus? Kemungkinan karena mereka telah mendengar bahwa Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus. Namun, jawaban Tuhan Yesus bagi mereka terdengar janggal sebab Ia justru bicara soal waktu dan kemuliaan (ayat 23). Tuhan Yesus membicarakan tentang diri-Nya sebagai Anak Manusia yang telah ditentukan jalan hidup-Nya untuk mati bagi orang banyak. Ia berbicara tentang kemuliaan yang akan diterima-Nya dari Allah saat Ia mengorbankan diri-Nya sendiri bagi orang banyak itu. Tuhan Yesus memakai ilustrasi satu biji yang harus mati supaya menghasilkan banyak buah. Ia mengumpamakan kematian-Nya itu dengan kematian satu biji itu, supaya menghasilkan banyak kehidupan bagi orang banyak. Dampak kematian-Nya yang menghidupkan banyak orang akan digenapi saat Ia mengorbankan diri-Nya di kayu salib. Pengorbanan-Nya itu bukan dilakukan demi kehendak Bapa saja melainkan oleh kehendak Yesus sendiri.
Seorang hamba Tuhan, Peter Claver, pernah berkata: "Agar dapat melakukan kehendak Tuhan, seseorang harus menganggap rendah dirinya sendiri: seseorang yang makin "mati" bagi dirinya sendiri akan makin hidup dalam kehendak Tuhan." Memang tidak mudah "mati" bagi diri sendiri supaya hidup untuk menolong banyak orang lain, tetapi di akhir jalannya ia akan menuai kemuliaan, yaitu pengakuan dari Allah Bapa. Maukah saudara menjadi bagian dari rencana Tuhan bagi dunia ini?

MELAKUKAN
Tuliskanlah keterlibatan dalam hal apakah yang saudara bisa kerjakan dalam pelayanan GKKK atau SKKK, agar kemajuan pemberitaan Injil makin pesat!
 ......................................................................................................................................................

MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat atau anggota komsel yang masih belum terlibat aktif dalam mengobarkan api dari Allah.

Ayat Hafalan : Yohanes 12:24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”