“Wujud Persembahan Sukacita”


2 Korintus 9:6-15

MENERIMA
Berdoalah dan mintalah hikmat kepada-Nya, supaya dapat mengerti bagaimana sikap yang benar dalam memberi dengan sukacita.

MERENUNGKAN
1. Sebutkan hukum tabur-tuai yang tercantum dalam ayat 6!
...........................................................................................................
2. Bagaimanakah seharusnya memberikan persembahan pada Tuhan? (7)
............................................................................................................
3. Apakah tujuan dalam memberikan persembahan? (12-15)
............................................................................................................


PENGAJARAN
Jemaat Korintus adalah sebuah jemaat yang  murah hati dan patut menjadi teladan dalam hal memberi. Jemat ini memiliki hati yang besar. Hal ini juga yang membuat Paulus sangat membanggakan mereka di hadapan jemaat Makedonia (9:2). Agar perbuatan baik mereka benar-benar sebagai pemberian yang tulus, yang dapat berlangsung secara berkala atau terus-menerus dan bukan sebagai suatu paksaan, maka ia menyemangati mereka untuk tetap menjalankan komitmen mereka itu.

Untuk itu kepada jemaat Korintus, Paulus memberikan beberapa prinsip memberikan persembahan secara benar  untuk dapat mereka pelajari dan juga sangat penting untuk dipelajari dan dijalankan. Pertama: Bersikap murah hati, maka jemaat akan beroleh kemurahan hati Allah (ayat 6). Kedua: Dari hati yang tulus (dengan suka rela) bukan terpaksa (ayat 7). Ketiga: Allah pasti akan memelihara orang yang mau memberikan persembahan dengan sikap yang benar (ayat 8-11). Keempat: Wujud kasih dan kepedulian kepada sesama dan ungkapan syukur kepada Allah(12-15).

 Ada banyak anggota di jemaat GKKK yang mengalami kesulitan ekonomi dan mereka sangat membutuhkan kasih dan kepedulian dari seluruh jemaat. Sebagai tubuh Kristus, maukah saudara membagi kasih kepada mereka melalui persembahan yang diberikan untuk mereka? Kemurahan hati saudara merupakan wajud kasih Allah kepada mereka sehingga melalui kemurahan hati saudara, mereka boleh mengenal Kristus dan dapat menolong mereka juga bertumbuh dalam firman.

MELAKUKAN
Ambillah tekad untuk memberikan persembahan bagi pembangunan gereja dan sarana gereja sebagai bukti kasih dan kepedulianmu bagi gereja dan ekspresi kasihmu kepada Tuhan !
 ......................................................................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara terima ketika saudara taat dalam perintah Tuhan kepada sesama jemaat atau anggota komsel yang masih berat hati untuk melaksanakan perpuluhan.
Ayat Hafalan : Ulangan 8:18

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”