“Boneka Si Jahat”


Roma 6:19-23


MENERIMA
Berdoalah agar saudara tak terjebak pada rayuan si jahat yang seringkali memperdayai saudara.


MERENUNGKAN
1. Apa yang harus diserahkan ketika seseorang sudah menjadi orang percaya? (19)
...........................................................................................................
2. Buah seperti apakah yang akan diperoleh setelah seorang menjadi hamba Allah? (22)
..........................................................................................................
3. Apakah yang menjadi upah dari dosa? Dan hal apa yang menjadi karunia Allah? (23)
..........................................................................................................


PENGAJARAN
Pada masa postmodern seperti saat ini yang memandang kebenaran sebagai sesuatu yang bersifat relatif — semua kebenaran tergantung dari siapa yang mengatakannya atau dari sisi mana orang melihat kebenaran. Ada pandangan beberapa orang percaya yang melihat bahwa berbuat dosa adalah hal yang wajar dan dapat dimaklumi, lagipula bukankah mereka sudah diselamatkan oleh Allah karena itu jika jatuh dalam dosa hanya tinggal minta ampun.
Ketika Paulus menjelaskan ‘dibenarkan oleh iman’, ada pra-anggapan di kalangan orang Kristen di kota Roma bahwa jika orang percaya tidak lagi berada di bawah hukum Taurat, maka orang percaya bebas hidup sesuka hati. Pada bagian ini, Rasul Paulus menjelaskan mengenai pengudusan yang harus dikerjakan oleh setiap orang yang percaya kepada Kristus. Kenyataan bahwa orang percaya diselamatkan oleh kasih karunia bukanlah alasan untuk berbuat dosa; tetapi alasan untuk taat. Kematian Kristus di atas kayu salib memberi pesan yang jelas bahwa ada perubahan status dari hamba dosa menjadi hamba kebenaran dimana yang seharusnya orang percaya tidak lagi hidup dalam perbuatan dosa, tetapi melakukan kebenaran. 
Saudara,sebagai orang percaya jangan mudah hanyut dan terbawa arus dunia yang masih berada di bawah kuasa dosa. Dosa membuat manusia terjerumus ke dalam perbudakan sehingga semakin sulit melakukan apa yang benar, dengan kata lain saudara telah menjadi boneka si jahat. Oleh karena itu, sangat penting bagi saudara untuk kembali kepada kebenaran sejati di dalam Kristus. Di dalam Kristus, saudara mendapat kebenaran sejati dan kemerdekaan untuk melakukan kebenaran. Marilah menyerahkan dan menggunakan seluruh anggota tubuh saudara untuk kebenaran, bukan untuk menjadi boneka bagi si jahat melakukan keinginannya.


MELAKUKAN
Tuliskanlah apakah pengaruh dari kuasa dosa dalam kehidupan saudara setelah percaya Yesus?
 .......................................................................................................
 .......................................................................................................


MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka bisa saling menjaga seluruh komunitasnya dan berhati-hati dari pengaruh dan kuasa dosa.
Ayat Hafalan :  1 Petrus 5:8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”