“Ciptaan Yang Istimewa”


Ibrani 2:10-17


MENERIMA
Bersyukurlah kepada Tuhan yang telah menciptakan saudara sebagai ciptaan-Nya yang istimewa agar saudara dapat memuliakan-Nya.


MERENUNGKAN
1. Apakah keistimewaan manusia sebagai ciptaan-Nya? (10,14)
.....................................................................................................
.....................................................................................................
2. Apakah kelebihan manusia dibandingkan malaikat, yang adalah ciptaan-Nya juga? (16-17)
.......................................................................................................


PENGAJARAN
Nats pada hari ini sebenarnya secara tidak langsung menunjukkan betapa saudara adalah ciptaan Allah yang istimewa. Namun mungkin sekali saudara bertanya: Apakah dan dimanakah keistimewaan dariku? Jawabnya adalah karena Yesus rela menjadi sama dengan saudara  atau rela menyebut manusia ciptaan-Nya sebagai saudara dan mendapat bagian yang sama dengan keadaan saudara (ayat 14). Bahkan melalui ciptaan-Nya itu, manusia dipakai Allah sebagai alat untuk memuliakan manusia, agar kemuliaan Yesus makin terbukti (ayat 10). Luar Biasa sekali!
Sebenarnya Yesus bisa saja mengambil wujud malaikat dan menikmati kekuatan supranatural dan kekekalan. Tetapi sesungguhnya hal itu pun sudah merupakan penurunan derajat yang sangat besar. Yesus bahkan 'turun' lebih jauh lagi yaitu dengan menjadi manusia biasa. Dan tidak cukup sampai di situ - dan karena begitu besar kasih-Nya akan saudara, Dia rela mati bagi saudara melalui jalan kesengsaraan, kematian dan disalibkan. Lalu apa relasi-nya dengan hidup  saudara? Sebenarnya dengan cara itulah, Yesus mengalahkan maut bagi semua yang percaya dan yang mempercayakan keselamatan kepada-Nya (ayat 15). Dan pengorbanan yang dilakukan-Nya itu diperuntukkan khusus bagi manusia dan bukan bagi para malaikat, yang juga ciptaan Allah. Dengan cara itulah, Yesus tidak sekedar melepaskan saudara dari ketakutan pada maut, tetapi membuktikan saudara adalah ciptaan yang istimewa dari ciptaan lainnya!
Jadi,  seyogyanya saudara selalu bersyukur untuk Dia yang rela berkurban bagi saudara - ciptaan-Nya yang istimewa. Dan pula sebagai orang yang telah diselamatkan,  saudara sudah seharusnya siap mati dan tidak perlu takut kepada kematian. Malah seharusnya menyatakan syukur saudara dengan memberikan kabar sukacita ini kepada siapa pun!

MELAKUKAN
Tuliskanlah keistimewaan saudara sebagai ciptaan-Nya! Apakah yang dapat dikerjakan dengan kelebihan itu dalam hidup saudara?
 ......................................................................................................


MEMBAGIKAN
Bagikanlah syukur saudara sebagai ciptaan Allah kepada sesama jemaat atau anggota komsel yang masih belum menyadari akan keistimewaan mereka!
Ayat Hafalan : Kejadian 1:27

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”