“Ciptaan Yang Mulia”


Mazmur 8:4-7

MENERIMA
Bersyukurlah kepada Tuhan yang telah menciptakan manusia sebagai ciptaan yang mulia!


MERENUNGKAN
1. Bagaimanakah keadaan manusia bila dibandingkan dengan ciptaan Tuhan lainnya? (4-5)
....................................................................................................
2. Apakah yang dilakukan Allah untuk membuat manusia sama seperti Allah?  (6)
...................................................................................................
3. Kuasa apakah yang diberikan manusia oleh Allah? (7)
....................................................................................................


PENGAJARAN
Tidak dapat dipungkiri banyak orang yang merasa rendah diri dan tidak berharga, sehingga ini membuatnya terbawa dalam gambar diri yang tidak baik dalam menilai dirinya sendiri. Hal ini terlihat dimana ia tidak memiliki rasa percaya diri, selalu merasa tidak sempurna dan selalu mengeluh terutama akan keadaan fisiknya serta kondisi yang mengitari hidupnya.
Dalam bacaan hari ini merupakan suatu pujian Daud kepada Tuhan. Langit menyatakan kedasyatan dan keagungan Tuhan. Hal ini sangat mengesankan di waktu malam, terutama karena di daerah Palestina langit jarang tertutup oleh awan, sehingga bulan dan bintang terlihat sangat jelas. Langit yang menjadi kekaguman manusia itu menyatakan siapa Allah itu, karena Ia yang telah menciptakannya. Pemazmur melihat dan menyadari semuanya itu, dia bertemu dengan dirinya sendiri, dengan manusia, atau lebih tepat dengan Tuhan yang dahsyat dan agung dalam hubungan-Nya dengan manusia yang lemah dan hina. Manusia yang rendah dan hina telah diperhatikan oleh Tuhan Allah, karena Tuhan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat. Tuhan telah mengingatnya karena manusia telah diangkat menjadi raja (penguasa dan pengelola) atas ciptaan-ciptaan Tuhan yang lain. Dengan semua karya yang telah Allah lakukan, maka pemazmur menaikkan pujian dan syukurnya kepada Tuhan.
Oleh sebab itu, sadarilah bahwa Tuhan telah menciptakan saudara begitu mulia adanya dibandingkan dengan mahkluk ciptaan Tuhan lainnya. Keberadaan manusia begitu berharga di mata Tuhan.  Hargailah dan gunakanlah kehidupan saudara dengan sebaik mungkin untuk memuliakan Tuhan yang telah menciptakan saudara.


MELAKUKAN
Tuliskanlah keistimewaan saudara sebagai ciptaan-Nya! Apakah yang dapat dikerjakan dengan kelebihan itu dalam hidup saudara?
 .............................................................................................................


MEMBAGIKAN
Bagikanlah syukur saudara sebagai ciptaan Allah kepada sesama jemaat atau anggota komsel yang masih belum menyadari akan keistimewaan mereka!
Ayat Hafalan : Kejadian 1:27

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”