“Karena Diperbudak Iblis”


Roma 8:12-17


MENERIMA
Berdoalah agar Tuhan menolong saudara untuk terus-menerus mematikan perbuatan-perbuatan buruk tubuh dan senantiasa dipimpin oleh Roh.


MERENUNGKAN
1. Apakah yang dimaksud dengan hidup menurut daging?
..................................................................................................
2. Apakah yang dimaksud dengan hidup dipimpin Roh Allah?
...................................................................................................
3. Bagaimana caranya agar saudara senantiasa hidup dalam pimpinan Roh?
...................................................................................................


PENGAJARAN
“Gara-gara iblis yang merasuki diri sayalah, yang menjadikan saya seperti ini dan  melakukan hal itu”. Frasa yang terucapkan ini secara tidak langsung ingin menerangkan bahwa sebenarnya sang pengujar 'tanpa dikehendaki' merasa sedang diperbudak oleh iblis, dan kiranya cukup untuk dijadikan  sebagai pembenaran atas dosa yang telah diperbuatnya. 

Lewat nats bacaan hari ini, Paulus menekankan perlunya peperangan terus-menerus terhadap segala hal yang akan membatasi karya Allah di dalam hidup umat Allah. Pertempuran rohani ini, sekalipun diarahkan kepada iblis dan bala kekuatannya, terutama terarah kepada hawa nafsu dan keinginan "tabiat berdosa". Sebagai orang percaya, saudara harus senantiasa memutuskan apakah saudara akan menyerah kepada keinginan dosa atau kepada tuntutan tabiat ilahi yang dalamnya saudara ikut ambil bagian. Rasul Paulus memberikan dasar bagi kepastian keselamatan bahwa jikalau seorang senantiasa mematikan perbuatan-perbuatan buruk tubuh, maka dia sedang dipimpin Roh. Itu artinya, mereka adalah anak-anak Allah (ayat 13 dan 14). Roh Kudus berdiam di dalam diri saudara - anak Allah,  supaya memimpin saudara agar berpikir, berbicara, dan bertindak sesuai dengan Firman Allah. Adapun dorongan Roh Kudus sendiri datang oleh: (1) Membaca Firman Allah (2 Timotius 3:16-17); (2) Berdoa dengan sungguh-sungguh (Kisah Para Rasul 13:2-3); (3) Mendengarkan khotbah dan ajaran yang saleh (2Timotius 4:1-2); dan (4) Memperhatikan nasihat orang-tua dan para pemimpin Kristen yang dapat diandalkan (Efesus 6:1).

Marilah saudara terus berjuang untuk memiliki kehidupan yang dipimpin oleh Roh Allah.



MELAKUKAN
Ambillah tekad untuk terus berjuang melawan kuasa kedagingan saudara dengan rindu berdoa, membaca firman Tuhan dan kehidupan yang terus dipimpin oleh Roh Kudus.
 ...........................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara terima ketika saudara taat dalam perintah Tuhan kepada sesama jemaat atau anggota komsel agar mereka juga terus hidup di dalam anugerah-Nya.
Ayat Hafalan : Roma 7:24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”