“Mau Tetapi Tidak Bisa”


Yohanes 7:37-44


MENERIMA
Berdoalah agar saudara terus menyadari bahwa keselamatan merupakan anugerah yang Allah berikan melalui Tuhan Yesus Kristus.


MERENUNGKAN
1. Apa yang akan terjadi dalam hidup seseorang yang percaya kepada Tuhan Yesus? (38)
.............................................................................................
2. Bagaimana respon orang-orang yang mendengar perkataan-perkataan Tuhan Yesus? (40)
..............................................................................................
3. Darimanakah asal Mesias ? (42)
..............................................................................................


PENGAJARAN
Setiap pasal di injil Yohanes punya berita inti yang unik. Pasal 7 mengungkap niat orang Farisi membunuh Yesus sudah bulat, sampai-sampai mengupah orang untuk menangkap-Nya. Ironisnya, setelah orang-orang itu mendengar khotbah Yesus, tidak seorangpun yang menyentuh Dia. Pada bagian ini lebih jauh dikatakan bahwa Tuhan Yesus ada pada puncak perayaan Pondok Daun dimana pada saat itu adalah hari ketujuh saat para imam mengadakan prosesi pengambilan air dari kolam Siloam untuk dipersembahkan sebagai kurban curahan pada mezbah di Bait Allah. 

Tindakan ini mengacu kepada Yesaya 12:3 tentang janji keselamatan. Saat itulah, Yesus dengan lantang mengundang tiap pribadi yang hadir di Bait Allah untuk percaya dan menerima Dia sebagai sumber Air Hidup yang melegakan hidup mereka (ayat 37-38). Yesus menjanjikan Roh Kudus akan tinggal dalam hati orang percaya (ayat 39). Ucapan-ucapan ini sarat makna dalam tradisi Yahudi dan telah diisyaratkan Yesus dalam tindakan dan ucapan-Nya tentang air dalam pasal 2, 3, 4, 5, dan 6. Dengan mengklaim Ia akan memberi Roh, Ia menyatakan diri-Nya sebagai pembawa zaman baru dari Allah yang dinantikan. DIA-lah Juruselamat bagi manusia namun seringkali manusia menolak untuk menerima DIA sebagai Juruselamat.

Saudara, manusia sering mau menerima dan mengusahakan keselamatan secara rohani tetapi dirinya tidak akan pernah bisa karena dosa sudah menguasai karena itu ketika Tuhan Yesus mengundang untuk menerima keselamatan jangan pernah abaikan akan undangan-Nya. Itulah undangan kasih karunia Allah atas diri saudara.


MELAKUKAN
Ambillah tekad untuk terus berjuang melawan kuasa kedagingan saudara dengan rindu berdoa, membaca firman Tuhan dan kehidupan yang terus dipimpin oleh Roh Kudus.
 ......................................................................................................................................................


MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara terima ketika saudara taat dalam perintah Tuhan kepada sesama jemaat atau anggota komsel agar mereka juga terus hidup di dalam anugerah-Nya.
Ayat Hafalan : Roma 7:24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”