“Membutuhkan Iman”


Efesus 2:1-8


MENERIMA
 Berdoalah agar Tuhan selalu mempertumbuhkan iman yang telah dianugerahkan-Nya!.


MERENUNGKAN
1. Bagaimanakah kehidupan jemaat Efesus sebelum mengenal Kristus? (1-3)
...............................................................................................
2. Apakah yang dilakukan Allah dalam mewujudkan kasih-Nya kepada manusia? (4-6)
..................................................................................................
3. Apakah yang dapat menyebabkan manusia diselamatkan? (7-8)
..................................................................................................
PENGAJARAN
Kehidupan masa lalu setiap orang yang belum mengenal Kristus tentu saja hanya diisi dengan kehidupan dalam pelanggaran dan dosa. Demikian juga yang disampaikan oleh Paulus kepada jemaat Efesus, dimana ia mengingatkan bahwa dahulu mereka juga telah mengalami kematian, yang dimaksudkan bukanlah kematian jasmani melainkan kematian rohani, yaitu terpisah dari Allah. Kehendak daging dan pikiran mereka selalu mengarah kepada yang jahat dan hidup mereka berada di bawah murka, yaitu orang-orang yang akan dimurkai oleh Allah.

Namun, karena kasih Allah yang begitu besar maka Yesus rela mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia.  Kasih karunia merupakan sumber keselamatan bagi orang percaya. “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman, itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah” (ayat 8). Rasul Paulus tidak pernah mengatakan karena iman sebab iman bukanlah merupakan penyebab, hanya sarana penyaluran yang mana keselamatan itu menjadi bagian milik orang percaya. Seluruh tindakan penyelamatan bukanlah hasil usaha manusia, melainkan karena Tuhan Allahlah yang menganugerahkannya. Iman kepada kasih karunia keselamatan itu sangatlah dibutuhkan bagi orang percaya. Sebab tanpa kasih karunia, maka tidak mungkin juga manusia bisa digerakkan untuk beriman kepada penebusan melalui Yesus Kristus.

Oleh sebab itu, di dalam seluruh keterbatasan yang dimiliki oleh manusia, maka di dalam anugerah keselamatan itu saudara terus membutuhkan iman. Iman untuk terus percaya bahwa Allah adalah satu-satu-Nya Juruselamat manusia. Karena dengan iman saudara akan merasakan kekuatan yang Tuhan berikan di dalam mengerjakan keselamatan itu.

MELAKUKAN
Ambillah tekad untuk terus berjuang melawan kuasa kedagingan saudara dengan rindu berdoa, membaca firman Tuhan dan kehidupan yang terus dipimpin oleh Roh Kudus.
 ...........................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara terima ketika saudara taat dalam perintah Tuhan kepada sesama jemaat atau anggota komsel agar mereka juga terus hidup di dalam anugerah-Nya.
Ayat Hafalan : Roma 7:24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”