“Membutuhkan Penebusan”


Yesaya 53:1-6


MENERIMA
Berdoalah dan syukurilah karya penebusan yang dilakukan Yesus Kristus atas diri saudara.


MERENUNGKAN
1. Siapakah yang digambarkan dalam nubuatan Yesaya ini? (1-3)
.............................................................................................
2. Kejahatan siapakah yang ditangguhkan pada diri-Nya? (4-6)
.............................................................................................
3. Apakah yang dilakukannya bagi umat manusia? (12)
.............................................................................................
PENGAJARAN
Ada seorang yang baru saja bertobat sedang ditanya oleh temannya yang tidak beriman: "Jadi, kau sudah bertobat dan menjadi pengikut Yesus?". "Ya." Jawabnya si petobat itu. "Kalau begitu tentu kau tahu banyak tentang Dia. Misalnya, di Negara mana Dia dilahirkan?"; "Aku tidak tahu." Jawabnya si petobat itu. "Lho, sebagai seorang yang menyatakan telah bertobat dan menjadi pengikut Kristus, sedikit sekali yang kau ketahui". "Kau memang benar. Aku malu karena begitu sedikit pengetahuanku tentang Dia. Tetapi, sekurang-kurangnya aku tahu hal ini: 3 tahun yang lalu aku seorang pemabuk, utangku banyak, keluargaku berantakan, dan anak istriku selalu takut, setiap kali kupulang. Tapi sekarang, aku tidak minum-minum lagi. Utangku sudah lunas. Keluarga kami bahagia. Anak-anak senang menantiku pulang ke rumah setiap sore. Ini semua karena penebusan Yesus bagiku. Sebanyak itulah yang kuketahui tentang Kristus”, jawab si petobat baru itu!

Ya, tepat sekali! Yesus telah melakukan penebusan atas seluruh kejahatan umat manusia (ayat 4 6), walau tak sedikit juga yang tidak mau percaya (ayat 1-3). Penggambaran akan sosok Yesus ini ternyata jauh dari pandangan/pemikiran manusia. Dalam nubuatan Yesaya, dikatakan bahwa Yesus dihina, dipukul, dan ditindas,  karena kejahatan manusia. Manusia ingin berbuat baik, tetapi yang terjadi malah kejahatan demi kejahatan. Oleh sebab itu, karena ketidakmampuan manusia itulah, Ia menyerahkan nyawanya sebagai ganti dosa-dosa manusia (ayat 12) agar manusia dibenarkan oleh Allah (ayat 10,11b).

Marilah mensyukuri atas karya penebusan yang dilakukan-Nya, sehingga saudara dapat terus membalas penebusan-Nya dengan pelayanan yang makin maksimal dalam hidup ini. 


MELAKUKAN
Ambillah tekad untuk terus berjuang melawan kuasa kedagingan saudara dengan rindu berdoa, membaca firman Tuhan dan kehidupan yang terus dipimpin oleh Roh Kudus.
 ...........................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara terima ketika saudara taat dalam perintah Tuhan kepada sesama jemaat atau anggota komsel agar mereka juga terus hidup di dalam anugerah-Nya.
Ayat Hafalan : Roma 7:24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”