“Membutuhkan Perjuangan”

Lukas14:25-30

MENERIMA
Berdoalah agar saudara mau melepaskan hal-hal yang saudara anggap paling berharga ketika mengikuti Tuhan.


MERENUNGKAN
1. Apa syarat menjadi murid Tuhan? (26,27)
.................................................................................................
2. Apa gambaran yang dipakai Yesus untuk menyatakan persiapan dalam mengikuti DIA? (28)
.................................................................................................
3. Apakah respon mereka yang melihat seseorang yang tidak dapat selesai sampai akhir? (29)
.................................................................................................


PENGAJARAN
Konteks pada Lukas 14:25-30 ini terletak di masa akhir pelayanan Tuhan dan ditujukan kepada orang banyak. Lukas ingin menunjukkan bahwa ucapan ini disampaikan pada akhir masa Tuhan Yesus mengajar. Ucapan Yesus pada bagian ini adalah ucapan yang keras dan sulit diterima. Terutama kalimat bencilah bapaknya, ibunya, bahkan dirinya sendiri (ayat 26). 

Apa sebenarnya yang disampaikan oleh Yesus? Apa Ia sedang mengatakan bahwa hanya mereka yang membenci diri sendiri saja yang menjadi murid-Nya? Haruskah dengan cara itu, dirinya dapat menjadi murid yang sempurna? Jika demikian halnya, maka dia harus menjalani hidup ini dengan cara pandang yang negatif. Dia harus memenuhi dirinya dengan kebencian supaya bisa menjadi orang Kristen yang baik! Membenci semua orang: keluarganya, diri sendiri dan orang lain! Pengajaran kasih berubah menjadi ajaran kebencian, dan murid yang terbaik adalah yang bisa membenci semua orang. Yesus tidak sedang mengajarkan kebencian tetapi memperlihatkan bahwa ketika mempersembahkan sesuatu yang memang dibenci, itu berarti bahwa seseorang tidak mempersembahkan apa-apa. Hanya jika mempersembahkan apa yang dikasihi, barulah muncul suatu pengorbanan. Dengan kata lain lewat perkataan ini Yesus ingin mengatakan membenci apa yang dikasihi berarti seseorang harus mau berjuang untuk mempersembahkan hal itu kepada Tuhan supaya kasihnya kepada Tuhan tidak terhalang.

Relakah saudara untuk berjuang membenci apa yang dikasihi, dan persembahkan itu kepada Allah sepenuhnya, dan arahkan relasi saudara bagi Allah. Persembahkanlah apa yang saudara kasihi, berikan itu pada Allah dan jangan terikat lagi padanya selamanya. 

MELAKUKAN
Carilah waktu untuk mendekatkan diri dengan Tuhan dan tuliskanlah tekad saudara untuk bisa senantiasa dekat dengan Tuhan melalui berbagai cara, seperti:
 ............................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat atau anggota komsel bahwa berkat-berkat Tuhan ketika saudara taat, tekun dan disiplin dalam persekutuan dengan-Nya!
Ayat Hafalan : Kolose 4:23-24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”