“Membutuhkan Takut Akan Allah”


2 Korintus 6:15-7:1


MENERIMA
Berdoalah supaya melalui firman Tuhan ini, saudara memiliki sebuah kebutuhan untuk hidup selalu takut kepada Allah..


MERENUNGKAN
1. Siapa nama dua pribadi yang dibandingkan di dalam ayat 15?
..................................................................................................................................................
2. Apa janji yang Tuhan berikan kepada firman-Nya?? (16)
..................................................................................................................................................
3. Apa syarat yang diberikan Allah kepada manusia? (17)
..................................................................................................................................................
PENGAJARAN
Dalam perikop ini ditemukan bahwa sesungguhnya untuk menjadi bait Allah yang sejati, maka setiap orang tidak dapat hidup dengan sembarangan. Alkitab memaparkan standar yang benar: (1) Allah harus tinggal bersama-sama dan hidup di tengah-tengah mereka. Diam (enoikeo) berarti mendiami; tinggal; secara figuratif berarti menjadi rumah tinggal-Nya. Hidup (emperipateo) diartikan Ia berjalan bersama umat-Nya. (2) Membangun hidup mereka sebagai bait Allah, artinya TUHAN menjadi Allah dan mereka menjadi umat-Nya, serta menempatkan Allah sebagai TUHAN, dalam bahasa pengajaran sering disebutkan men-Tuhankan Kristus, menyatakan keTuhanan Kristus dalam hidup mereka. Kata umat (laos) berarti mereka menjadi milik TUHAN sendiri dan memutuskan bahwa pemilik, tuan dari hidup mereka adalah Allah.

(3) Membangun hidup sebagai bait Allah berarti pemisahan hidup dari yang najis. Keluar (exerchomai) menyatakan tindakan meninggalkan sesuatu, sedangkan pisahkan (aphorizo) menunjukkan tindakan membuat batas dan memutuskan hubungan. Sebagai bait Allah, mereka harus hidup dalam kekudusan dan meninggalkan serta memutuskan relasinya dengan segala dosa dan kenajisan. 

Kebutuhan untuk hidup takut kepada Allah terlihat dari ketiga hal di atas tadi. Jika ketiga hal tersebut kita kerjakan dalam hidup kita, maka bukan hanya hidup kita menjadi bait Allah, tetapi Allah sendiri menjanjikan bahwa Dia akan menjadi Bapa kita, dan kita menjadi anak-anak-Nya laki-laki dan anak-anak-Nya perempuan. Sungguh sebuah hak yang begitu istimewa.!


MELAKUKAN
Carilah waktu untuk mendekatkan diri dengan Tuhan dan tuliskanlah tekad saudara untuk bisa senantiasa dekat dengan Tuhan melalui berbagai cara, seperti:
 ............................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat atau anggota komsel bahwa berkat-berkat Tuhan ketika saudara taat, tekun dan disiplin dalam persekutuan dengan-Nya!
Ayat Hafalan : Kolose 4:23-24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”