“Menghasilkan Kekudusan”


Ibrani 12:10-14


MENERIMA
Berdoalah agar hidup saudara menghasilkan kekudusan sehingga keberadaan saudara senantiasa jadi berkat buat banyak orang.


MERENUNGKAN
1. Mengapa TUHAN menghajar hidup orang percaya? (10)
.....................................................................................................
2. Apa yang dirasakan dan dihasilkan ketika ganjaran diberikan? (11)
......................................................................................................
3. Bagaimana caranya untuk seseorang dapat melihat Tuhan? (14)
...................................................................................................
PENGAJARAN
Penulis surat Ibrani mengatakan pada bagian ini, bahwa pada waktu pendidikan itu datang kepada seseorang, acapkali pendidikan itu, tidak mendatangkan sukacita tetapi dukacita, dan itulah fakta yang dihadapi hampir semua manusia. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran kepada mereka yang dilatih olehnya (Ibrani 12:11). Oleh karena itu, penulis surat Ibrani mengingatkan jemaat di perantauan yang mengalami penderitaan, jangan membiasakan diri lari dari didikan yang Tuhan berikan. 

Memang, lari dari Tuhan adalah sebuah reaksi yang wajar yang dilakukan oleh setiap manusia karena ada pemikiran bahwa Tuhan tidak mengasihinya lagi atau Tuhan sedang memberikan hukuman keras kepadanya. Namun penulis Ibrani ingin menegaskan bahwa pendidikan dari Tuhan bukan untuk menghasilkan kehancuran tetapi hanya merupakan satu proses yang menghasilkan kekudusan dalam hidup orang percaya. Dengan kata lain,Tuhan bukan Tuhan yang ingin orang itu terus-menerus mengalami kesulitan dan penderitaan namun DIA merindukan ada kehidupan yang lebih maju lagi dalam hidup orang percaya.

Saudara, bagaimana saudara memandang didikan Tuhan dalam diri saudara? Janganlah saudara sebagai anak-anak Tuhan melihat Tuhan sebagai “The Killer of Joy”, suatu Pribadi yang menyukai penderitaan yang saudara atau umat-Nya alami. Didikan yang DIA berikan bermaksud agar hidup saudara sebagai orang Kristen bukanlah hidup yang asal-asalan tetapi menjadi hidup yang berkualitas sehingga hidup yang dijalani bukan menjadi batu sandungan tetapi menjadi berkat dan terus memuliakan DIA.


MELAKUKAN
Carilah waktu untuk mendekatkan diri dengan Tuhan dan tuliskanlah tekad saudara untuk bisa senantiasa dekat dengan Tuhan melalui berbagai cara, seperti:
 ............................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat atau anggota komsel bahwa berkat-berkat Tuhan ketika saudara taat, tekun dan disiplin dalam persekutuan dengan-Nya!
Ayat Hafalan : Kolose 4:23-24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”