“Menghasilkan Takut Akan Allah”


Lukas 1:71-75
MENERIMA
Berdoalah kepada Tuhan agar Ia menolong saudara untuk memiliki kekudusan hidup di dalam segala aspek kehidupan saudara!

MERENUNGKAN
1. Allah menumbuhkan tanduk keselamatan ( 69) untuk melepaskan saudara dari siapa? (71)
......................................................................................................
2. Allah juga menumbuhkan tanduk keselamatan (Yesus) untuk menunjukkan dan mengingat apa kepada saudara (72)
.....................................................................................................
3. Apa sumpah yang diucapkan Allah pada Abraham yang juga berlaku pada saudara? (74-75)
.................................................................................................
PENGAJARAN
Orang percaya dipanggil menjadi kudus sama seperti Allah adalah kudus (1 Petrus 2:8), tidak terkecuali. Itu adalah sebuah tuntutan bagi orang percaya. Apakah berarti anak Tuhan juga harus sempurna seperti Allah adalah sempurna? Ya (Matius 5:48). Tuntutan ini berlaku di setiap aspek kehidupan: keluarga, pekerjaan, studi, pasangan, kehidupan pribadi, bahkan hobi dan pergaulan. Kekudusan ini sebagai bukti saudara benar-benar menyembah Allah dan percaya kepada Allah.

Salah satu bentuk kekudusan yang harus dimiliki ialah takut akan Allah. Takut akan Alah ini bukan berarti ketakutan seperti melihat hantu/monster atau ketakutan hanya karena Allah adalah pemarah, penghukum dan tidak mengenal belas kasihan. Takut disini mencerminkan sebuah relasi dengan Allah. Sama seperti murid kepada guru atau orangtua atau orang yang lebih dewasa,  menikmati berelasi dengan mereka, bercanda dengan mereka, menelepon mereka namun disertai hormat/takut untuk tidak melakukan pelanggaran dihadapan mereka. Ketakutan ini memiliki unsur belas kasih. Di mana mereka taat kepada Allah dan takut kepada Alah karena mengasihi-Nya.

Apakah saudara sudah takut akan Allah? Hal ini bisa terlihat di dalam kehidupan pribadi saudara. Jika saudara masih melakukan dosa secara terang-terangan atau tersembunyi, dan merasa “biasa” saja. Tidak ada rasa bersalah, rasa malu bahkan rasa takut bahwa Allah melihat, berarti saudara belum mengembangkan sikap takut akan Allah. Dan tanpa takut akan Allah saudara tidak bisa mencapai kekudusan hidup yang Allah peritahkan untuk saudara lakukan. Mari saudara belajar untuk takut akan Allah dengan benar.

MELAKUKAN
Carilah waktu untuk mendekatkan diri dengan Tuhan dan tuliskanlah tekad saudara untuk bisa senantiasa dekat dengan Tuhan melalui berbagai cara, seperti:
 ............................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat atau anggota komsel bahwa berkat-berkat Tuhan ketika saudara taat, tekun dan disiplin dalam persekutuan dengan-Nya!
Ayat Hafalan : Kolose 4:23-24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”