“Telah Dilakukan Oleh Kristus”


Roma 5:7-11


MENERIMA
Berdoalah supaya melalui firman Tuhan ini, saudara dimampukan untuk hidup dalam anugerah Allah, sebab segala pembenaran saudara telah dilakukan di dalam Kristus Yesus..


MERENUNGKAN
1. Apa konsep hidup sekuler pada zaman ini? (7)
..........................................................................................
2. Bagaimana Yesus memperlihatkan kasih-Nya pada saudara? (8-10)
...........................................................................................
3. Bagaimana selanjutnya sikap saudara seharusnya setelah menerima pendamaian itu? (11)
...........................................................................................
PENGAJARAN
Tidak ada satupun orang dimuka bumi ini yang benar dihadapan Allah dan murka Allah nyata atas semua orang yang berdosa (Roma 1:18;3:23). Murka Allah adalah kematian kekal. Akan tetapi orang yang dibenarkan oleh darah Yesus tidak perlu takut atas murka itu. Maksud dari pembenaran tersebut yaitu manusia yang penuh dengan salah dijadikan benar, bukan berdasar apa yang dia lakukan akan tetapi apa yang telah Allah lakukan dalam anugerah-Nya.

Pembenaran bagi umat manusia ini mendatangkan berkat bagi orang yang mempercayai-Nya, yaitu: (1) Mereka menikmati hidup dalam damai sejahtera oleh karena diperdamaikan Allah melalui kematian Yesus di kayu salib. (2) Beroleh jalan masuk pada kasih-Nya. Oleh sebab itu, manusia secara pribadi dapat langsung datang pada Allah tanpa perlu perantaraan orang lain. (3) Mereka memiliki pengharapan akan menerima kemuliaan. Pengharapan ini memberi kemegahan. (4) Dapat bersukacita walaupun mengalami berbagai macam penderitaan, yang makin memurnikan iman sehingga menghasilkan pribadi yang tahan uji. (5), Diberikan Roh Kudus yang menolong untuk mengenali kuasa-Nya sehingga memampukan orang percaya untuk setia walaupun dalam situasi yang sulit. (6) Diselamatkan dari murka Allah yang berarti akan memperoleh kehidupan kekal.

Sungguh luar biasa berkat yang diterima melalui pembenaran Yesus tersebut. Oleh sebab itu mari sampaikan berita sukacita ini kepada orang lain supaya mereka juga menikmati berkat pembenaran ini. Bagaimanapun juga kemegahan saudara yang sejati dan utama terletak hanya pada kasih karunia didalam Yesus Kristus dan bukan pada yang lain.


MELAKUKAN
Ambillah tekad untuk terus berjuang melawan kuasa kedagingan saudara dengan rindu berdoa, membaca firman Tuhan dan kehidupan yang terus dipimpin oleh Roh Kudus.
 ...................................................................................................


MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara terima ketika saudara taat dalam perintah Tuhan kepada sesama jemaat atau anggota komsel agar mereka juga terus hidup di dalam anugerah-Nya.
Ayat Hafalan : Roma 7:24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”