“Ada Badai Diluar Sana”


Matius 26:38-42


MENERIMA
Berdoalah agar saudara tetap memiliki kesetiaan di dalam doa dan tidak terpengaruh dengan lingkungan!


MERENUNGKAN
1. Bagaimanakah kehidupan agama ahli-ahli taurat dan orang-orang Farisi? (1-7)
....................................................................................
2. Apakah yang dilarang oleh Yesus kepada pengikut-pengikut-Nya? (8-11)
....................................................................................
3. Bagaimanakah sikap yang harus dimiliki sebagai anak-anak Tuhan? (12)
....................................................................................
PENGAJARAN
Bill Hybels mengatakan, “Dalam situasi yang sukar, hampir setiap orang berdoa dengan sungguh-sungguh, berulang-ulang, penuh harapan dan bahkan mati-matian. Kemudian badai berlalu, laut tenang, angin reda dan Allah membuktikan sekali lagi diri-Nya setia, maka motivasi untuk berdoa turun.”

Di taman Getsemani, Yesus pun memisahkan diri dari mereka untuk berdoa sendiri. Ia sangat sedih dan gentar, dan memberi pesan kepada ketiga murid-Nya itu untuk berjaga-jaga, dengan maksud agar mereka memberikan kekuatan melalui kehadiran dan kesetiakawanan mereka secara waspada. Doa Tuhan Yesus kepada Bapa disurga, “Ya Bapa-Ku sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Ku kehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.” Doa Tuhan Yesus ini secara sempurna menyerah pergumulan hidupnya kepada Bapa. Dan doa itu dijawab bukan dengan menyingkirkan cawan itu, tetapi dengan kekuatan untuk meminumnya dan kekuatan untuk menanggung jalan salib. Dan setelah berdoa, Ia mendapati murid-murid-Nya tertidur karena kelelahan, untuk itu Ia memberi pesan bahwa “Roh memang penurut, tetapi daging lemah”.  Pesan Tuhan Yesus ini mengingatkan bahwa manusia yang berdosa itu lemah dan membutuhkan Roh Kudus yang akan memberikan pencerahan dan kekuatan dalam hidup manusia.

Dalam menjalani kehidupan ini, doa merupakan hal yang sangat penting. Doa merupakan kekuatan bagi saudara menghadapi badai kehidupan yang sedang dan akan dialami. Tetap setialah didalam berdoa, maka saudara dapat melihat rencana Tuhan yang indah melalui badai yang saudara alami.


MELAKUKAN
Tuliskanlah waktu saudara untuk berdoa dan tuliskan orang-orang yang ingin saudara doakan?
 ...............................................................................................

MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka bisa saling mendoakan anggota komunitasnya agar setia sampai akhir hidup mereka.
Ayat Hafalan :  Matius 7:7-8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”