“Ada Kebutuhan”


Daniel 6:5-6,11-12


MENERIMA
Berdoalah agar saudara terus terdorong untuk menjadikan doa sebagai gaya hidup sehingga apapun kondisi yang ada maka saudara tetap berdoa.


MERENUNGKAN
1. Apa yang dijadikan sebagai alasan dakwaan untuk menjebak Daniel? (5-6)
..................................................................................................................................................
2. Bagaimana Daniel bersikap saat mendengar surat yang dikeluarkan oleh raja Darius? (11-12)
..................................................................................................................................................


PENGAJARAN
Hidup dibawah tekanan (dikejar deadline) adakalanya membuat seseorang tidak nyaman dan juga dapat membuat dia meninggalkan nilai-nilai penting dalam hidupnya. Namun ternyata hal tersebut tidak berlaku dalam hidup Daniel. Tekanan demi tekanan makin membuat Daniel lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Allah.

Daniel hidup di masa pemerintahan raja Darius. Raja Darius telah membuat keputusan yang baik dengan menempatkan Daniel pada posisi yang melampaui pejabat lain, karena Daniel memiliki kemampuan dan integritas yang teruji. Namun, kelemahan raja Darius adalah bahwa ia tidak memiliki prinsip kebenaran Tuhan, sehingga ia mengambil keputusan yang tidak bijaksana dengan menempatkan dirinya begitu sentral sampai melampaui Tuhan (ayat 8-10). Raja Darius membuat sebuah keputusan yang kontroversial dengan mengikuti saran para pejabatnya yaitu bahwa dalam 30 hari semua orang harus menyembah kepadanya.  Raja Darius tidak menyadari bahwa permintaan para pejabatnya merupakan taktik politik untuk menjatuhkan Daniel (ayat 6). Namun Daniel tidak terganggu dengan keputusan yang dibuat oleh raja Darius karena Daniel memilih untuk konsisten dengan imannya daripada mengikuti arus yang dibangun atas dasar politik. Sebenarnya, jika Daniel ingin aman, ia bisa berhenti sebulan untuk tidak berdoa, namun Daniel tidak memperlakukan Tuhan seperti itu. Ia tetap melakukan ibadah pribadinya. Daniel justru melihat bahwa situasi yang dia hadapi semakin mendorong dirinya untuk terus berdoa bukannya meninggalkan kehidupan doanya.
Saudara, tekanan apa yang sedang saudara hadapi pada saat-saat ini? Apakah hal itu mematahkan semangat dan kerinduan saudara untuk terus berdoa? Apakah saudara masih berpengharapan bahwa Allah akan menuntas pergumulan saudara melalui doamu? Mari belajar dari Daniel dimana tekanan justru membuat dirinya melihat bahwa ada kebutuhan untuk berdoa agar Tuhan tetap ditinggikan dan dimuliakan. 

MELAKUKAN
Tuliskanlah waktu saudara untuk berdoa dan tuliskan orang-orang yang ingin saudara doakan?
 ...............................................................................................

MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka bisa saling mendoakan anggota komunitasnya agar setia sampai akhir hidup mereka.
Ayat Hafalan :  Matius 7:7-8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”