“Ada Kesepakatan Bersama”

Matius 18:18-20


MENERIMA
Berdoalah supaya melalui firman Tuhan ini, saudara belajar untuk bisa bersehati, sepakat berdoa bersama-sama.


MERENUNGKAN
1. Apa yang akan terjadi jika ada dua orang sehati dan sepakat meminta bersama? (19)
...............................................................................................
2. Bagaimana respon Tuhan jika ada dua atau tiga orang berkumpul di dalam nama-Nya? (20)
...............................................................................................
PENGAJARAN
Tim kesebelasan negara Belanda harus angkat koper alias kalah dalam 3 pertandingan di piala Eropa. Banyak analis sepakbola yang mengatakan bahwa penyebab kekalahan tim sebesar Belanda, yang banyak dihuni pemain-pemain berkelas dunia, dikarenakan mereka memainkan sepakbola ego. Para pemainnya tidak bermain dengan kompak. Mereka ingin menonjolkan kebolehannya sendiri sehingga mereka tidak bekerja sama dalam meraih kemenangan bagi negara mereka. Tentu pada akhirnya pertandingan tersebut menjadi pertandingan yang tak layak ditonton.

Kekompakkan adalah salah satu faktor penunjang keberhasilan atau kesusksesan suatu tim. Sangat jarang ada tim yang mementingkan diri sendiri atau tidak kompak dapat menang. Mungkin sekali waktu mereka menang, namun itu tak akan bertahan lama. Kekompakan membutuhkan kesepakatan dan kesehatian. Hampir semua bidang olahraga menuntut satu hal ini dari setiap tim yang ikut bertanding. Allah sama sekali tidak meremehkan apa yang disebut dengan kekompakan. Di dalam Matius dikatakan bahwa dua orang yang sepakat berdoa kepada Tuhan Allah Bapa, maka doa-doanya akan dikabulkan. Dari sini saudara dapat menarik kesimpulan bahwa kekompakan atau kesepakatan memiliki kekuatan yang luar biasa dahsyat untuk membuat sesuatu yang mustahil dapat terjadi.

Hidup saudara juga diwarnai banyak orang di sekitar saudara. Banyak di antara saudara yang memiliki sahabat, rekan kerja, teman dekat yang selalu ada bersama-sama dengan saudara. Peristiwa-peristiwa yang saudara alami bersama, dapat fimanfaatkan untuk berdoa bersama kepada Tuhan. Dua orang yang sepakat meminta, Tuhan mendengar dan mengerjakannya. Saudara bisa mulai mendoakan bangsa ini, generasi muda, dan pokok-pokok doa lainnya. Percayalah, Tuhan Yesus tak akan tinggal diam terhadap doa orang-orang yang bersepakat. Lihatlah keajaiban Tuhan Yesus, saat saudara kompak, sehati berdoa kepada-Nya.

MELAKUKAN
Tuliskanlah waktu saudara untuk berdoa dan tuliskan orang-orang yang ingin saudara doakan?
 ...............................................................................................

MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka bisa saling mendoakan anggota komunitasnya agar setia sampai akhir hidup mereka.
Ayat Hafalan :  Matius 7:7-8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”