“Ada Kuasa Dalam Doa Bersama”


Kisah Para Rasul 12:4-12


MENERIMA
Berdoalah untuk realita kebenaran firman Tuhan pada hari ini makin mendorong saudara untuk semangat berdoa dan juga mengalami kuasa doa tersebut!


MERENUNGKAN
1. Apakah dialami oleh rasul Petrus? (4-5, 6b)
..................................................................................................................................................
2. Apakah yang dilakukan oleh jemaat melihat kondisi Petrus? (5b,12b)
.....................................................................................
3. Apakah dampak dari ketekunan doa dari jemaat atas pemenjaraan Petrus? (7-11)
.....................................................................................


PENGAJARAN
Kehidupan ini makin hari makin tidak mudah. Ketika saudara harus menjalani kehidupan tidak mudah, tidak lancar atau sedang di dalam masalah yang berat, adakah saudara mundur dari Tuhan, putus asa, kecewa dan sedikit demi sedikit iman dan asa itu pada Tuhan makin pudar. Atau sebaliknya, dimana saudara tetap berserah dan percaya akan kuasa doa.

Ketika pemimpin gereja (dalam hal ini Petrus) menghadapi penganiayaan, jemaat tidak putus asa, mereka sepakat berdoa bersama-sama dengan tekun (KJV: ‘without ceasing -tiada henti-henti). Ini menandakan iman jemaat yang yakin bahwa doa-doa yang  mereka naikkan akan mendapatkan jawaban dari Tuhan. Mereka yakin Tuhan akan menyelesaikannya dengan cara-Nya. Dan akhirnya, terjadilah mujizat itu, dimana ia melalui malaikat Tuhan dilepaskan dari belenggu penjara. Petrus dibebaskan tepat pada waktunya (ayat 6: ‘Pada malam sebelum ...’), walaupun cara Tuhan bekerja acapkali tidak terduga dan diluar pikiran siapa pun (ayat 9: ‘ia tidak tahu, bahwa apa yang dilakukan malaikat itu sungguh-sungguh terjadi, sangkanya ia...”). Melalui peristiwa ini, Petrus diajarkan melihat cara kerja Tuhan dan kuasa dukungan doa dari jemaat (ayat 11: ‘sekarang aku tahu benar-benar bahwa Tuhan...”).

Apakah selama ini saudara meragukan kuasa dari doa pribadi atau doa dari saudara seiman serta tangan-Nya yang ajaib? Dalam Matius 17:20 Yesus menegur kurangnya iman murid-murid-Nya, padahal Tuhan itu berkuasa atas apa pun jikalau mereka beriman kepada-Nya. Jikalau saudara pun mau menyerahkan segala masalah yang ada kepada Tuhan Allah, maka saudara juga bisa melakukan hal yang besar dan mengalami mujijat Tuhan melalui dukungan doa jemaat atau doa pribadi saudara.


MELAKUKAN
Tuliskanlah waktu saudara untuk berdoa dan tuliskan orang-orang yang ingin saudara doakan?
 ...............................................................................................

MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka bisa saling mendoakan anggota komunitasnya agar setia sampai akhir hidup mereka.
Ayat Hafalan :  Matius 7:7-8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”