“Ada Pengakuan Bersama”


Yakobus 5:13-16


MENERIMA
Berdoalah kepada Tuhan agar ia menolong saudara untuk dapat menjadi penggerak komunitas pengakuan bersama.


MERENUNGKAN
1. Apa yang harus seorang percaya lakukan jika ia menderita dan bergembira? (13)
.............................................................................................
2. Apa yang harus umat Allah lakukan jika ia mengalami atau mengetahui seseorang sakit? (14)
...........................................................................................
3. Apa yang Yakobus inginkan agar orang percaya lakukan di dalam komunitasnya? (16)
...........................................................................................


PENGAJARAN
Pengakuan dosa di dalam suatu komunitas adalah sebuah disiplin rohani yang sangat terabaikan di komuntias orang percaya di Indonesia. Siapa yang mengaku dosa dihadapan jemaat secara umum? Semua saudara pasti menjawab tidak atau diam saja. Mengapa ini terjadi? Bukan karena umat percaya tidak bisa melakukannya, melainkan realita bahwa masing-masing jemaat saling membicarakan (bahasa gaulnya, “gosip”) bahkan tidak jarang menghakimi, menghina, menuding, dll. Di dalam keadaan yang demikian bagaimana mungkin dilakukan pengakuan dosa? Padahal rasul Yakobus dengan jelas mengatakan bahwa komunitas orang percaya haruslah bertindak demikian. “Saling mengaku dosa” tidak akan terjadi jika jemaat tidak meresponi dengan “saling mendoakan.” Jika orang percaya saling mendoakan menandakan adanya penerimaan akan kelemahan (bukan persetujuan bahwa orang itu boleh berdosa), dan jelas tidak akan ada semua embel-embel negatif di dalamnya.

Apakah saudara siap untuk “mengaku dosa” dan menerima orang-orang yang “mengaku dosa”? Salah satu indikator apakah jemaat itu bertumbuh adalah jika ada komunitas yang saling membangun rasa aman dan percaya. Bukan mengenai ABC (Attendance, Building and Cash: berapa banyak KEHADIRAN jemaat, berapa besar dan luas BANGUNAN, dan seberapa banyak UANG gereja), tetapi menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk menerima dan mendoakan orang yang berdosa. Pengakuan dosa secara komunal adalah tanda bahwa komunitas gereja saudara adalah gereja sejati. Apakah saudara mau dan sudah mengambil bagian di dalam memberi rasa aman dan percaya bagi sesama? Bukan menghakimi, menuding, menghina, menyalahkan, membenci sesama?.


MELAKUKAN
Tuliskanlah waktu saudara untuk berdoa dan tuliskan orang-orang yang ingin saudara doakan?
 ...............................................................................................

MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka bisa saling mendoakan anggota komunitasnya agar setia sampai akhir hidup mereka.
Ayat Hafalan :  Matius 7:7-8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”