“Masa Ketenangan Di Usia Senja”


Mazmur 62:2, 6-9

MENERIMA
Berdoalah agar saudara terus mendukung para lanjut usia agar tetap memiliki rasa tenang yang sejati bersama.


MERENUNGKAN
1. Hal apakah yang dapat membuat pemazmur merasa tenang? (2,6)
.............................................................................
2. Gambaran seperti apa yang pemazmur nyatakan ketika melihat Allah? (7)
.............................................................................
3. Apa yang umat Allah dapat lakukan ketika percaya kepada-Nya setiap waktu? (9)
.............................................................................


PENGAJARAN
Mazmur 62 ditulis oleh Raja Daud saat kepemimpinannya alami masalahyang berat, yaitu perlawanan dari anaknya sendiri, Absalom (2 Samuel 15:12-14). Daud sangat terguncang hatinya. Ketenangan yang diperoleh selama ini karena adanya kekuatan militer, kedudukan dan kelimpahan harta kekayaan menjadi tiada nilainya.  Dan di saat-saat yang gawat, setelah Daud mengatur dan menyelamatkan keluarganya, dirinya pergi ke puncak bukit, tempat orang sujud menyembah kepada Allah (2 Samuel 15:32). Sebab itu kalimat pertama yang ditulis dalam Mazmur 62:2,6 adalah "Hanya dekat Allah saja aku tenang". Itu berarti Allah adalah satu-satunya sumber ketenangan yang sejati dalam hidupnya. Daud juga menunjukkan bahwa di tengah situasi dan kondisi yang sulit, Daud tetap beriman (mempercayakan diri) kepada Allah, "Gunung batu dan keselamatannya". Daud percaya bahwa Allah sebagai Allah yang berdaulat yang juga akan menyelamatkan kehidupannya. Daud tahu persis bahwa satu-satunya sandaran teguh dalam hidup adalah Allah. Daud tidak tergoda untuk mencari pertolongan dari luar karena di dalam Allah saja dirinya menemukan ketenangan yang sejati.

Saudara dan para Usinda yang terkasih, mungkin pada saat-saat ini sedang mengalami berbagai masalah dan tekanan dalam hidup dan berusaha mencari ketenangan namun tidak menemukannya. Mari lihatlah dan berseru kepada Allah karena didalam DIA akan ditemui ketenangan yang sejati. Biarlah semakin senja usia semakin merasakan ketenangan yang sejati karena semakin melihat bahwa Allah adalah Pribadi yang setia dan hanya dalam DIA terdapat ketenangan yang sesungguhnya.


MELAKUKAN
Ambillah suatu hal yang positif bagi saudara untuk dilakukan di usia senja, atau bagi saudara yang masih muda, lakukan sesuatu bagi mereka yang lanjut usia!
 .......................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara terima ketika saudara taat dalam perintah Tuhan kepada sesama jemaat atau anggota komsel agar mereka juga terus hidup di dalam anugerah-Nya.
Ayat Hafalan : Amsal 3:16

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”