"Mendoakan Mereka"


Markus 10:13-16


MENERIMA
Berdoalah supaya melalui firman Tuhan ini, saudara bisa dimampukan mendoakan dan membina anak-anak menjadi orang yang berkenan kepada Allah.


MERENUNGKAN
1. Apa yang dilakukan para murid ketika ada orang yang bawa anak-anak kecil kepada-Nya? (13)
.........................................................................................
2. Bagaimana respon Yesus melihat hal itu? (14)
.........................................................................................
3. Apa yang dilakukan Yesus kepada anak-anak kecil itu? (16)
.........................................................................................


PENGAJARAN
Dalam bukunya Arsitek Jiwa 2, pendeta senior Stephen Tong menulis demikian: "Masa kanak-kanak, khususnya di bawah usia 12 tahun, adalah masa keemasan pembentukan kehidupan yang mungkin menjadi wadah di mana Roh Kudus mengalirkan berkat melalui orang ini kepada banyak jiwa. Atau, mungkin juga menjadi wadah di mana setan memperalat orang ini untuk merusak satu masyarakat atau bangsa". Kutipan ini menggugah tiap orang untuk sadar gentingnya perhatian dan pelayanan bagi anak-anak "di bawah usia 12 tahun". Yakni anak-anak yang masih di bawah pengaruh orang-tua, kakek nenek, atau siapa pun.

Bagaimana melayani jiwa mereka sehingga masa keemasan ini dimenangkan dari Setan yang mengincar jiwa mereka? Melalui berbagai media, pergaulan, gaya hidup masa sekarang, ia terus berusaha menarik mereka yang sedang cari jati diri dan arti hidup. Ini masanya saudara rebut mereka! Tak banyak catatan Alkitab tentang Yesus marah. Namun, salah satu yang tercatat dengan jelas adalah saat para murid melarang anak-anak mendekati Yesus. Apa artinya? Yesus juga perlu melayani anak-anak, bukan orang dewasa saja. Inilah karya Yesus yang perlu diteruskan: melayani anak-anak sedini mungkin. Dengan banyak mengajarkan firman, memberi masukan dan nasihat rohani; atay mengajak mereka mempraktikkan iman dan melayani Tuhan; serta mendoakan mereka! Agar mereka dimeterai oleh Roh Kudus menjadi alat-Nya, dan menjadi pembentuk masa depan yang menyukakan Allah!

APABILA SETAN BEKERJA KERAS UNTUK MEREBUT ANAK-ANAK
APA YANG SAUDARA LAKUKAN UNTUK MELAWANNYA?


MELAKUKAN
Sediakanlah waktu bagi anak-anak saudara dan tuliskanlah sesuatu aksi yang dapat saudara kerjakan bagi anak-anak saudara.
 ..........................................................................................

MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat tentang keindahan berbagi firman dan kasih kepada anak-anak atau sesama saudara.
Ayat Hafalan : Amsal 10:1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”