“Menghasilkan Hidup Yang Baru”


Efesus 4:24-30


MENERIMA
Berdoalah agar firman hari ini memacu hidup saudara untuk menjadi berkat rohani bagi anak-anak saudara.


MERENUNGKAN
1. Apakah tujuan dari pelayanan bagi anak-anak? (24a)
......................................................................................
2. Mengapa pelayanan bagi anak-anak sejak dini itu penting? (24b-29)
......................................................................................
3. Apakah saudara bisa lakukan agar Roh Kudus disukakan oleh hidup saudara? (30)
......................................................................................
PENGAJARAN
Anak-anak biarpun belum mengerti kejahatan namun mereka sejak kecil sudah memiliki sifat jahat sepeti iri hati, berbohong, mengerti dll, walaupun sifat mereka masih polos. Adalah tidak benar, bahwa anak sejak lahir dalam kondisi netral. Alkitab membuktikan Ini ajaran itu tidak benar karena mereka memang sejak dalam kandungan sudah dalam kondisi dosa (Mazmur 51:5), bahkan disebutkan dalam Hosea 12:3 disebutkan bahwa sejak dalam kandungan pun, manusia bisa melakukan penipuan (bandingkan dengan Mazmur 7:15)
Mengapa penatalayanan bagi anak-anak sejak dini dipandang mendesak? Salah satunya karena bukti kebenaran diatas, yaitu unsur dosa. Hal lainnya, agar sejak dini mereka dapat dididik untuk menjadi manusia-manusia baru di dalam Tuhan (ayat 24,30-32), sehingga mereka dapat dikuduskan (’qados’  artinya ‘dipisahkan untuk/dari...”) dari kekotoran dunia. Kalau tidak Iblis akan memiliki kesempatan dan menguasai mereka sehingga hidup dusta, kebiasaan mencuri, emosi tinggi, malas, dan dosa-dosa lainnya sangat mudah menjadi gaya hidup mereka (ayat 25-29,31). Pelayanan bagi anak adalah pelayanan yang berpacu dengan waktu, yang artinya bagaimana sedini mungkin melalui pelayanan ini dapat melahirkan anak-anak terang, anak-anak yang dipersenjatai firman Tuhan untuk kemudian menjadi anak andalan bagi gereja, bangsa dan masyarakat dimana mereka hidup.
Sudahkah saudara paham akan urgensitas pelayanan ini? Pelayanan yang memunculkan suatu generasi yang tahan banting, generasi yang memuliakan Tuhan, generasi anak bangsa. Marilah setiap saudara diberikan hati dan hikmat untuk melakukan tugas mulai ini.


MELAKUKAN
Sediakanlah waktu bagi anak-anak saudara dan tuliskanlah sesuatu aksi yang dapat saudara kerjakan bagi anak-anak saudara.
 ..........................................................................................

MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat tentang keindahan berbagi firman dan kasih kepada anak-anak atau sesama saudara.
Ayat Hafalan : Amsal 10:1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”