“Menjalani Waktu: Melihat Pusat Hidup”


Efesus 5:14-16


MENERIMA
Berdoalah supaya melalui firman Tuhan ini, saudara menjalani hari-hari dan waktu yang ada dengan maksimal.


MERENUNGKAN
1. Bagaimana cara anak-anak Tuhan menjalani hari-hari yang ada? (15)
........................................................................................
2.  Apa yang diminta Alkitab agar cahaya Kristus menerangi hidup saudara? (14)
........................................................................................
3. Apa tujuan dari penggunaan waktu yang ada dengan maksimal? (16)
........................................................................................


PENGAJARAN
Dalam panggilan untuk hidup sebagai anak-anak terang yang disampaikan Paulus dalam surat Efesus 5:1-21 terlihat dengan jelas bagaimana saudara bisa mengisi dan memanfaatkan waktu dengan baik. Bacalah rangkaian ayat yang terdapat disana untuk mendapatkan apa saja yang harus dilakukan untuk menggambarkan kehidupan sebagai anak terang yang berkenan di hadapan Tuhan. Intinya, "pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat." (ayat 16). Tiap orang juga diingatkan agar terus berusaha menangkap apa yang dikehendaki Tuhan. "Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan" (ayat 17). Peringatan yang sama ada dalam Kolose: "Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada" (Kolose 4:5). Tidak terpengaruh perilaku orang yang tak mengenal Tuhan, tetapi dengan penuh hikmat dan waktu yang ada mewarnai lingkungan mereka dengan firman Tuhan yang menjadi hidup saudara!

Dalam satu hari ada 86.400 detik. Dengan apa saudara mengisinya? Sudahkah waktu itu dipergunakan untuk mengucap syukur kepada Tuhan, untuk berdoa dan terus membangun hubungan yang lebih dalam lagi kepada Tuhan? Atau pikirkanlah ini: seberapa penting saudara menganggap waktu yang ada? Waktu yang sudah lewat tidak akan pernah bisa kembali lagi. Jika saudara masih terbiasa membuang-buang waktu, ini saatnya untuk berubah. "supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah." (1 Petrus 4:2). Manfaatkan waktu yang masih ada dengan sebaik-baiknya. Pastikan bahwa 86.400 detik per-hari itu dipergunakan dengan baik dalam kehidupanmu.

MELAKUKAN
Aturlah dan tebuslah waktu saudara dengan melakukan sesuatu yang berguna dan memuliakan Tuhan. Tuliskanlah apa yang ingin saudara mulai lakukan di minggu ini:
.............................................................................................


MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat atau anggota komsel tentang keberanian untuk menggunakan waktu dengan benar.
Ayat Hafalan : Efesus 5:15

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”