“Menjalani Waktu: Tidak Membuangnya”


1 Petrus 4:1-6


MENERIMA
Berdoalah kepada Tuhan agar Ia menolong anda mempergunakan waktu dengan bijaksana atau tidak membuang-buang waktu untuk hal-hal yang sia-sia belaka.


MERENUNGKAN
1. Mengapa seseorang harus mempersenjatai pikirannya dengan hidup yang bijak? (1-2)
......................................................................................
2.  Hikmat sama baiknya dengan apa? (12)
......................................................................................
3. Mengapa hari malang dan mujur haruslah sama diingat dan tidak boleh dilupakan? (14)
.......................................................................................


PENGAJARAN
Banyak dari antara umat Tuhan berpikir bahwa membuang waktu adalah hal yang biasa sebab hal itu tidak ada kerugian sama sekali. Coba saudara pikirkan kembali apakah hal demikian adalah benar? Sebab waktu tidak bisa dibeli dan waktu tidak bisa diulang kembali. Jika setiap orang mengingat dua konsekuensi waktu itu, maka mereka akan menyadari bahwa waktu itu mahal harganya. Sebanyak apapun uang seseorang, manusia tidak dapat menambah dan membeli waktu dalam hidupnya. Semisal: ketika ia sedang menderita sakit parah yang akan mengancam nyawanya, dan dokter pun angkat tangan, maka orang itu baru tahu, bahwa waktu hidupnya tidak bisa dibeli dan tidak bisa diputar balik. Memang waktu yang terbuang dapat ditebus oleh setiap orang.

Penebusan waktu dilakukan dengan hidup, pertama: yang bijaksana dan kekudusan, itu artinya dirinya tidak lagi hidup dalam keberdosaan (ayat 3b) dan ketidaksenonohan (ayat 4). Kedua, kehidupan yang dijalani dengan diisi hidup yang bermakna, artinya saudara tidak lagi hidup semrampangan, sebab hidupnya akan dipertanggungjawabkan kepada Allah (ayat 5). Ketiga, memberikan hidupnya bagi orang lain agar mereka pun dapat hidup dengan bijaksana, supaya Allah dimuliakan melalui waktu hidupnya yang tersisa (ayat 8-11). Terlalu banyak orang yang memiliki hidup yang panjang, namun sepanjang hidupnya hanya terisi kehidupan yang tidak bermakna lebih bahkan tidak menemukan tujuan atau titik pusat hidupnya. Sungguh kehidupan yang mengenaskan! Ingat waktu kedatangan-Nya semakin dekat (ayat 7).

Bagaimana cara saudara menebus waktu yang terbuang waktu dalam hidupmu? 

MELAKUKAN
Aturlah dan tebuslah waktu saudara dengan melakukan sesuatu yang berguna dan memuliakan Tuhan. Tuliskanlah apa yang ingin saudara mulai lakukan di minggu ini:
.............................................................................................


MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat atau anggota komsel tentang keberanian untuk menggunakan waktu dengan benar.
Ayat Hafalan : Efesus 5:15

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”