“Menyiapkan Waktu Untuk Melayani”


Lukas 12:35-40


MENERIMA
Berdoalah agar saudara dikuatkan oleh Tuhan untuk tetap teguh teguh memercayai kenyataan kedatangan Tuhan dan hidup setiap hari dengan menanti-nantikan pengharapan besar itu.


MERENUNGKAN
1. Mengapa tuannya berbahagia melihat hamba-hambanya? (37a,38)
........................................................................................
2.  Apakah upah yang diberikan oleh tuannya kepada para hambanya tersebut? (37b)
.......................................................................................
3. Pelajaran rohani apakah yang bisa dipetik dari perikop ini?
.......................................................................................

PENGAJARAN
Perikop ini memang mengisahkan tentang kesiapan umat Allah menjelang kedatangan Yesus, yang tidak bisa diketahui siapa pun, oleh karena tidak mengetahui kapan dan waktunya Yesus datang kembali, sebab itu umat Tuhan didorong untuk selalu berjaga-jaga, dan bukannya bersantai atau tidak melakukan sesuatu pun alias santai.

Penulis ingin mengingatkan bahwa tugas orang percaya dalam menyongsong datangnya Yesus kembali adalah mempergunakan waktu dan kesempatan untuk melayani Allah (ayat 37a, 38). Ketidaktahuan akan kedatangan Yesus seharusnya membentuk suatu sikap untuk berjaga-jaga dan bekerja (ayat 35-36). Wahyu 16:15 menyebutkan secara perumpamaan ‘jangan sampai kedapatan engkau telanjang’, yang dapat diartikan jangan sampai umat-Nya tidak melakukan suatu apa pun. Sikap di atas membuat manusia menggunakan segenap waktu dan kesempatan untuk melayani Tuhan. Secara khusus, Tuhan mengajak orang percaya untuk giat mengabarkan Injil-Nya dan menjangkau banyak jiwa yang masih terhilang (Kisah 1:8). Banyak orang yang sedang berjalan menuju kebinasaan kekal dan orang percaya harus bergiat menjangkau orang-orang itu dengan kabar sukacita tentang Yesus sebagai Juruselamat dunia. Jadi marilah setiap umat-Nya berpacu dengan waktu untuk melayani sesuai karunia yang ada.

Marilah saudara setia dan rajin dalam tugas yang diberikan Tuhan, dan bukan berpangku tangan belaka. Terus bergiat untuk mengenal Dia, dan dengan pengenalan yang makin dalam, maka hal itu makin memacu saudara makin melayani Dia sebagai balas kasih anugerah-Nya bagi saudara,  sambil terus menanti-nantikan kedatangan-Nya kembali.

MELAKUKAN
Aturlah dan tebuslah waktu saudara dengan melakukan sesuatu yang berguna dan memuliakan Tuhan. Tuliskanlah apa yang ingin saudara mulai lakukan di minggu ini:
.............................................................................................

MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat atau anggota komsel tentang keberanian untuk menggunakan waktu dengan benar.
Ayat Hafalan : Efesus 5:15

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”