“ Waktu Untuk Menarik Diri”


Markus 6:30-32


MENERIMA
Berdoalah agar saudara dimampukan oleh Tuhan untuk dapat memiliki waktu menarik diri dari rutinitas yang ada.


MERENUNGKAN
1.  Apakah yang murid-murid sampaikan kepada Yesus? (30)
.........................................................................................
2.  Kemanakah Yesus mengajak murid-murid-Nya pergi? (31)
.........................................................................................
3. Untuk apakah Yesus bersama murid-murid-Nya pergi ke tempat yang sunyi? (32)
.........................................................................................


PENGAJARAN
Zaman ini banyak orang yang frustasi atas hidup yang dijalani. Sebab memang tidaklah mudah, karena ada berbagai masalah atau tekanan dalam bisnis, keluarga dan di lingkungan sekitar. Hidup yang dijalani hanya dipandang sebagai rutinitas belaka, maka tak heran kalau tempat-tempat rekreasi atau hiburan sangat diminati. Sebagai anak Tuhan pelariannya tidak pada tempat-tempat hiburan maka tidak akan mendapatkan kepuasan yang diinginkan.

Dalam pelayanan-Nya bersama para murid, Yesus pun mengalami hal yang sama. Banyak orang yang datang kepada-Nya untuk mendengarkan pengajaran-Nya dan ada juga yang memohon untuk disembuhkan berbagai penyakit. Dengan penuh kasih, Yesus melayani mereka semua. Namun, karena kesibukan pelayanan mereka, maka Yesus dan murid-murid tidak sempat untuk makan.  Hal ini menunjukkan bahwa mereka tidak punya waktu untuk bersantai-santai. Oleh sebab itu, Yesus mengajak murid-murid-Nya untuk pergi ke tempat yang sunyi untuk beristirahat sejenak. Yesus mengajarkan bahwa manusia juga membutuhkan waktu untuk beristirahat dari segala pekerjaan. Tempat yang sunyi bukan hanya sebagai tempat untuk beristirahat bagi Yesus. Ketika Yesus bangun pagi-pagi untuk berdoa kepada Bapa di surga, ia memilih tempat yang sunyi.

Di tengah kesibukan yang dijalani, mari ambillah waktu untuk menarik diri. Luangkah waktu bersama dengan Tuhan. Untuk menarik diri bersama Tuhan tidak perlu pergi ke tempat yang dianggap “super rohani”, tetapi menikmati waktu bersama Tuhan dapat dilakukan dengan cara yang saudara sukai, agar saudara merasakan kedamaian dan kesegaran rohani.


MELAKUKAN
Aturlah dan tebuslah waktu saudara dengan melakukan sesuatu yang berguna dan memuliakan Tuhan. Tuliskanlah apa yang ingin saudara mulai lakukan di minggu ini:
.............................................................................................


MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat atau anggota komsel tentang keberanian untuk menggunakan waktu dengan benar.
Ayat Hafalan : Efesus 5:15

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”