“Waktu Yang Terbatas!”


Lukas 12:16-21


MENERIMA
Berdoalah agar saudara selalu bersukacita dan memuliakan Tuhan dalam hidup saudara yang terbatas dan singkat adanya selama di dunia ini.


MERENUNGKAN
1. Kebenaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari nats bacaan hari ini?
.......................................................................................
2.  Mengapa manusia kerap berilusi bahwa jika ia kaya maka hidupnya akan bahagia?
.......................................................................................
3. Bagaimana caranya agar selalu bersukacita dan memuliakan Tuhan dalam hidup yang singkat?
.......................................................................................


PENGAJARAN
Nats bacaan hari ini sesungguhnya menyampaikan bahwa manusia dapat merencanakan tetapi Tuhanlah yang menentukan. Apa yang terjadi adalah bahwa semua kekayaan yang dikumpulkan oleh sang orang kaya selama hidupnya, tak mampu memperpanjang hidupnya. Manusia sering berilusi bahwa kalau ia mampu menambah kekayaannya maka hidupnya akan damai, bahagia, dan terpuaskan. Ia telah menjadi kaya menurut standar saat itu, namun justru membuat ia menjadi makin tidak puas. Apa yang ia cari makin lama menjadi hanya ilusi, makin kabur dari apa yang awalnya ia pikirkan sebelum itu.

Tuhan menginginkan saudara menikmati hidup ini dengan penuh ucapan syukur atas apa yang saudara terima dalam hidup. Tuhan tidak menginginkan hidup saudara diperbudak oleh pecarian akan kekayaan yang sia-sia. Ia menginginkan saudara mencontoh burung-burung. Mereka tidak berladang atau bersawah, tetapi Tuhan menjaga mereka. Tuhan menumbuhkan berbagai tumbuh-tumbuhan yang dapat dimakan. Semuanya untuk memuliakan Penciptanya. Burung berkicau memperdengar suara merdunya, menyanyikan lagu sukacita di waktu pagi dan sore. Bunga menyiarkan bau semerbak dan warna-warna kemilau di waktu pagi semuanya untuk menyambut hari baru dan memuliakan Tuhan dalam hidup mereka yang terbatas.

Hidup manusia pun terbatas. Burung-burung dan bunga-bunga yang bekerja dalam keterbatasan waktutetapi selalu bersukacita. Mereka memuliakan Penciptanya. Karena itu, berhentilah mengejar ilusi belaka, muliakanlah Tuhan dalam hidup saudara yang terbatas!

MELAKUKAN
Aturlah dan tebuslah waktu saudara dengan melakukan sesuatu yang berguna dan memuliakan Tuhan. Tuliskanlah apa yang ingin saudara mulai lakukan di minggu ini:
.............................................................................................

MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada sesama jemaat atau anggota komsel tentang keberanian untuk menggunakan waktu dengan benar.
Ayat Hafalan : Efesus 5:15

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”