“Berarti Belajar Bersyukur”


Amsal 30:7-9


MENERIMA
Berdoalah agar saudara diberi hati yang mau belajar bersyukur untuk setiap berkat materi yang dimiliki.


MERENUNGKAN
1. Dua hal apakah yang diminta kepada Tuhan oleh Agur bin Yake? (7-8)
..............................................................................................
2. Apa yang ingin dinikmati oleh Agur bin Yake yang menjadi bagiannya? (8)
..............................................................................................
3. Apa alasan Agur bin Yake minta dua hal kepada Tuhan? (9)
...............................................................................................


PENGAJARAN
Agur bin Yake di dalam Amsalnya mengajarkan prinsip yang menarik tentang arti belajar bersyukur dalam hidup. Agur tidak meminta menjadi kaya raya, tubuh yang sehat dan umur panjang di dalam hidupnya, tetapi ia hanya berharap 2 hal terpenting, yaitu: (1) Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan, dan (2) Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. TUJUAN dari permintaannya, yaitu: “Supaya, kalau aku kenyang, aku tidak menyangkal-Mu dan berkata: Siapa TUHAN itu? Atau, kalau aku miskin, aku mencuri, dan mencemarkan nama Allahku.” (ayat 9) --- Baginya yang TERPENTING bukan soal kaya atau miskin, sehat atau sakit, panjang umur atau umur pendek. Yang UTAMA bagi Agur bin Yake adalah agar ia, baik hidup maupun matinya kelak, (1) tidak melupakan Tuhan dan (2) tidak mencemarkan nama Tuhan!. Hidup yang terus bersyukur adalah fokus hidup Agur bin Yake. Perkataan Agur bin Yake kembali ditegaskan oleh Paulus dimana dia mengatakan bahwa dalam segala hal “aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan. Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan.” (Filipi 4:11-12). Kemerdekaan keuangan dimulai dari belajar rasa cukup atas apa yang ada pada dirinya.

Sudahkah saudara belajar bersyukur untuk setiap berkat yang diberikan secara khusus berkat materi? atau dalam kehidupan hari lepas hari hanya dipenuhi gerutuan dan rasa kurang? Mari belajar bersyukur sehingga apapun kondisi yang ada dalam hidup ini tidak membuat saudara melupakan Tuhan dan mencemarkan nama-Nya.


MELAKUKAN
Tuliskanlah hal-hal yang perlu ditata ulang keuangan saudara dan doakanlah agar saudara terus diberi hikmat oleh Allah sehingga mengalami kemerdekaan secara finansial!
 ......................................................................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah sukacita hati saudara,  walau kondisi sulit namun dapat selalu bersyukur dan belajar mencukupkan diri, kepada rekan kerja, rekan komsel dan handai taulan.
Ayat Hafalan : Amsal 13:11

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”