“Berarti Puas Atas Berkat Yang Ada”


Lukas 16:10-13
MENERIMA
Berdoalah kepada Tuhan agar ia menolong anda untuk jujur di dalam uang di dalam kehidupan pribadi, keluarga maupun bisnisa.


MERENUNGKAN
1. Perkara-perkara yang manakah yang terlebih dahulu kita harus setia? (10)
............................................................................................
2. Sifat Kristiani apakah yang dibahas di perikop di atas? (10-11)
...........................................................................................
3. Mengapa seorang hamba  tidak dapat mengabdi kepad dua tuan? (13)
...........................................................................................


PENGAJARAN
Uang adalah bagian yang penting di dalam kehidupan manusia. Tanpa uang seseorang tidak bisa membeli kebutuhannya dan itu adalah sebuah keharusan. Jujur harus diakui bahwa tanpa uang seseorang tidak dapat hidup. Yang menjadi permasalahannya adalah uang yang mengontrol kehidupan manusia dan bukan manusia yang mengontrol uang. Hal ini bisa dilihat dari betapa kerasnya orang berusaha untuk “mendapatkan hidup yang lebih layak”, padahal keinginan itu tidak akan pernah memuaskannya. 
Di dalam perikop bacaan ini, Tuhan Yesus menjelaskan bahwa seorang hamba tidak bisa mengabdi kepada dua tuan: Allah atau mamon (uang). Ketidaksetiaan orang akan materi (barang/uang) dapat dilihat dari bagaimana ia setia dalam mengelola uang yang diberikan kepadanya. Jika dia tidak setia, maka menunjukkan bahwa mamonlah yang menjadi tuannya dan bukan Allah. Dan bagi orang percaya itu adalah sebuah tindakan yang fatal. Akan terlihat kehidupan mereka yang berharap bahwa uang dapat memerdekakan hidup mereka, maka sesungguhnya harta itu bukan memberi kebebasan kepadanya, malah menjerat hidupnya. Sebab ia akan berkata:“Sedikit lagi, ya, sedikit lagi baru aku berhenti!”. ketidakpuasaan kekal akan merenggut hidup manusia dan mengorbankan sesama, keluarga dan terutama Tuhan.
Tuhan selalu memberikan berkat kepada orang percaya, termasuk materi (barang/uang) namun apakah saudara sebagai orang percaya setia dan cukup puasa dalam mengelolanya? Orang percaya dipanggil untuk melayani Allah dan hanya Allah saja, bukan materi. Di manakah posisi hati saudara sekarang ini: Allah atau Materi?? 


MELAKUKAN
Tuliskanlah hal-hal yang perlu ditata ulang keuangan saudara dan doakanlah agar saudara terus diberi hikmat oleh Allah sehingga mengalami kemerdekaan secara finansial!
 .....................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah sukacita hati saudara,  walau kondisi sulit namun dapat selalu bersyukur dan belajar mencukupkan diri, kepada rekan kerja, rekan komsel dan handai taulan.
Ayat Hafalan : Amsal 13:11

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”