“Berbagai Kebiasaan Buruk”


Efesus 4:17-24
MENERIMA
Berdoalah agar dengan kuasa Roh Kudus,saudara dapat melawan berbagai kebiasaan buruk yang sering mengganggu.
MERENUNGKAN
1. Apa ciri dari orang yang tidak mengenal Allah? (17-19)
....................................................................................
2. Bagaimana caranya seseorang dapat belajar mengenal Kristus? (20-21)
....................................................................................
3. Mengapa seseorang harus menanggalkan manusia lama-nya? (22-24)
...................................................................................
PENGAJARAN
Selama 16 tahun, John Kovancs tinggal di terowongan kereta api bawah tanah nan gelap. Saat ada perbaikan terowongan, ia terpaksa cari lokasi baru. Suatu saat, ia terpilih menjadi orang pertama yang memenangkan program “mengubah tunawisma menjadi penghuni rumah tetap” yang diadakan The New York Times. John meninggalkan tempat tinggal lamanya dan menjadi petani organik di New York. Katanya, “Udara di luar sini terasa lebih baik. Saya tak akan merindukan kehidupan lama saya. Saya tak akan kembali ke sana lagi.

Paulus melalui suratnya kepada jemaat Efesus mengingatkan bahwa sebelum seseorang percaya kepada Yesus, maka kehidupannya di’arah’kan oleh keinginan (yang cenderung untuk berbuat dosa) dan pengaruh lingkungan (yang sudah dirusak dosa). Selain itu, Iblis juga selalu berusaha dengan segala cara agar umat-Nya memilih untuk memberontak terhadap kehendak Allah. Dengan kata lain keinginan manusia lama (4:17) dengan segala daya tariknya membawa mereka pada berbagai ikatan kebiasaan buruk. Itulah sebabnya, Rasul Paulus menegaskan agar "menanggalkan manusia lama" (4:22) dan "mengenakan manusia baru" (4:24). Karena ketika seseorang percaya kepada Yesus, maka sudah seharusnya kehidupannya berubah total, tidak lagi terikat  berbagai kebiasaan buruk yang mengendalikan dirinya. 

Saudara, ketika percaya pada Yesus dan bertobat, maka saudara tak hanya menanggalkan manusia lama, tetapi juga mengenakan manusia baru. Ini merupakan gaya hidup yang baru,  yang dipenuhi kemenangan di dalam Yesus, sehingga kuasa Roh Kudus membantu saudara untuk meninggalkan dosa-dosa yang mungkin selama ini masih dianggap hal yang wajar. 
MELAKUKAN
Tuliskanlah kebiasaan buruk yang masih mengikat hidup saudara dan berdoalah agar kuasa-Nya memampukan saudara untuk dimerdekakan dari hal itu!
 .................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka bisa saling menjaga seluruh komunitasnya dan berhati-hati dari pengaruh dan kuasa dosa.
Ayat Hafalan :  Roma 6:5-6

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”