"Berdoa Bagi Bangsaku


Daniel 9:16-19
MENERIMA
Berdoalah agar saudara dapat melihat kondisi bangsa ini dan terus mendoakannya!

MERENUNGKAN
1. Apakah dilihat oleh Daniel dalam perantuannya? (16)
.....................................................................................
2. Apakah yang kemudian dilakukan Daniel dalam perantuannya? (17-19)
....................................................................................
...................................................................................
PENGAJARAN
67 tahun lalu, Indonesia mengalami kemerdekaan dari penjajahan. Meski proklamasi sudah dikumandangkan dan Indonesia memasuki era baru kemerdekaan, tetapi perjuangan dan pergumulan tidaklah berhenti. Sebab masih terjadi perbudakan etnis, ekonomi, suku dan agama. Di hari kemerdekaan ini, apakah yang bisa saudara lakukan? Bukan sebuah kebetulan, saudara ada di Indonesia. Ada tugas yang bisa saudara lakukan, yaitu berdoa agar bangsa ini mengalami kemerdekaan rohani, lepas dari segala kutukan dan hukuman dari Tuhan Allah. 

Perikop ini mengisahkan sikap Daniel atas kondisi bangsanya begitu memprihatinkan. Ia menangisi akan keterpurukan Israel akibat ‘pendidikan’ Allah (ayat 14). Ia tidak menyalahkan bangsanya atau menghakimi. Daniel memulai suatu tindakan yang tepat, yaitu berdoa. Walau Daniel hidup di perantauan dan tinggal nyaman di Istana dengan segala fasilitasnya, namun Ia sadar bahwa ia adalah bagian dari bangsanya. Jikalau mereka menderita, ia pun akan turut menderita. Sebaliknya jikalau bangsanya merdeka dan sejahtera, maka ia pun akan menjadi bagian yang bisa menikmati itu. Maka ia berdoa agar mereka mendapatkan belas-kasihan dan mengalami kemerdekaan rohani (ayat 17). Ia tahu Allah yang dia percayai adalah Allah yang mengasihi bangsa ini (ayat 9). Daniel juga mengerti betul bahwa jika bukan dia, siapa lagi yang berdoa agar malapetaka dan murka Tuhan dijauhkan dari bangsanya?. Inilah sebuah doa yang indah yang dipanjatkan Daniel mewakili bangsanya di hadapan hadirat Allah, sang pemilik Israel. Doa Daniel telah berperan besar atas masa depan bangsa ini.

Saudara, adakah saudara juga memiliki penglihatan seperti yang dilihat oleh Daniel atas kondisi bangsanya dan juga memberikan hati saudara untuk mendoakan bangsa Indonesia, agar mengalami kemerdekaan moral dan menjauhi dosa? Kemakmuran dan kesehajteraan bangsa ini adalah juga kemakmuran dan kesejahteraan masa depan saudara.
MELAKUKAN
Tuliskanlah kebiasaan buruk yang masih mengikat hidup saudara dan berdoalah agar kuasa-Nya memampukan saudara untuk dimerdekakan dari hal itu!
 ...........................................................................................
MEMBAGIKAN
Tuliskanlah kebiasaan buruk yang masih mengikat hidup saudara dan berdoalah agar kuasa-Nya memampukan saudara untuk dimerdekakan dari hal itu!
Ayat Hafalan :  Roma 6:5-6

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”