“Berdoa Bagi Bangsaku”


Daniel 9:16-19
MENERIMA
Mulailah memberikan hati dan waktu untuk mendoakan bangsa Indonesia agar bangsa ini boleh keluar dari segala keterikatan.
MERENUNGKAN
1. Apakah isi doa dari Daniel untuk bangsanya? (16,18)
.......................................................................................
2. Selain berdoa bagi bangsanya, apakah juga yang menjadi kerinduan dari Daniel? (17)
.........................................................................................
3. Apakah yang dasar dari doa Daniel gar terjawab?
.........................................................................................
PENGAJARAN
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan kaya dengan sumber daya alam. Namun karena ulah beberapa oknum, bangsa ini mengalami banyak masalah yang rumit dan spertinya sulit terurai. Dalam kondisi yang seperti ini, apakah yang bisa dilakukan oleh anak-anak Tuhan? 

Daniel, sesungguhnya hidup dalam pembuangan di Babelonia. Walau dia berada ribuan kilometer dari Israel, namun karena dia berada di istana raja, maka apa pun berita dari tanah kelahirannya pasti terdengar. Tiap mendengar berita dari Israel, hati Daniel makin teriris, pilu dan berduka. Daniel juga memahami bahwa semua ini baru awal ‘murka’ Allah atas bangsa pilihan-Nya yang tegar-tengkuk dan tidak menjalankan perannya sebagai teladan bagi bangsa lain. Oleh sebab itu, dia terus berdoa kepada Tuhan Allah untuk menurunkan belas kasihan Daniel menggugah hati Allah dengan memberikan alasan, bahwa Dia-lah yang memilih mereka bahkan mengeluarkan Israel dari perbudakan Mesir. Tanpa anugerah-Nya tidak mungkin Israel menjadi bangsa yang besar dan memberkati bangsa lain. Bukankah kalau Dia melaksanakan hukuman bagi Israel, malah nama Tuhan Allah tercela? Disinilah Daniel meletakkan Allah di dalam porsinya, dan mengingatkan umat Israel akan ketidakmampuannya jika berjalan dengan kemampuannya.Selain itu, Daniel memohon agar Tuhan memulihkan kembali Bait Allah, agar dari lokasi inilah nama dan kemuliaan-Nya bersinar kembali dan memberkati bangsa-bangsa.

Saudara, setiap peristiwa dan masalah tidak mungkin terlepas dari pengetahuan dan izin Tuhan Allah, Sang Pencipta dunia ini. Oleh sebab itu, marilah berdoa agar Dia memulihkan bangsa ini sehingga bangsa menjadi bangsa yang besar dan menjadi berkat bagi bangsa lain.
MELAKUKAN
Tuliskanlah hal-hal yang dapat saudara doakan dan lakukan bagi kesejahteraan bangsa Indonesia yang merdeka 67 tahun ini?
 ....................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara terima ketika saudara mengalami kemerdekaan di dalam Yesus kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka mengalami hal yang sama.
Ayat Hafalan : Roma 7:24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”