“Dengan Terus Berbuat Baik”


Titus 2:11-14
MENERIMA
Berdoalah agar kemerdekaan itu mendorong saudara untuk terus berbuat baik dalam hidup ini.
MERENUNGKAN
1. Apa tujuan dari Allah untuk mendidik setiap orang percaya? (12)
.....................................................................................................
2. Hal apa yang menjadi penantian setiap orang percaya? (13)
......................................................................................................
3. Tindakan bagaimana yang dilakukan oleh Yesus Kristus bagi orang percaya? (14)
......................................................................................................
PENGAJARAN
Pandangan masyarakat umumnya membagi atau memisahkan perbuatan baik menjadi 3  bagian. Pertama, berbuat baik kepada orang yang dikasihi: orang tua, saudara kandung,  sanak famili. Kedua, berbuat baik kepada orang yang layak menerima kebaikan: dengan memberikan bantuan materi kepada yang terkena musibah. Ketiga, berbuat baik kepada orang yang telah merugikan atau memusuhi. Dari tiga pembagian ini maka bagian pertama dan kedua dapat mudah untuk dikerjakan; tapi, memasuki bagian yang ketiga, tidak mudah untuk dilakukan. Mengasihi musuh bukanlah hal yang natural dalam dalam dunia yang berdosa ini, sebaliknya lebih mudah untuk marah dan membalasnya. Apa ini juga sulit dilakukan bagi orang percaya?

Dalam suratnya kepada Titus, Paulus mengatakan agar ia, sebagai seorang hamba Tuhan mengingatkan kembali jemaat yang digembalakannya untuk tahu bahwa “berbuat baik” adalah “pandangan hidup” atau “panggilan Tuhan”. Penekanan kata : “untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat kepunyaan-Nya...yang rajin berbuat baik” (ayat 14) menunjukkan, bahwa setiap orang percaya harus memiliki gaya hidup atau “life style” yang dipenuhi dengan “kebaikan.” Paulus memaparkan alasan mengapa setiap orang percaya dalam Kristus harus terus berbuat baik adalah, karena Tuhan telah menyelamatkan dan menjadikan setiap orang percaya sebagai umat-Nya yang khusus (kudus), yang tidak serupa dunia ini.
Saudara, sebagai pribadi yang telah dimerdekakan dalam Yesus, marilah terus nyatakan perbuatan baik saudara kepada setiap orang (sekalipun orang tersebut merugikan saudara). Sehingga melalui perbuatan baik tersebut nama Tuhan senantiasa ditinggikan dan banyak orang boleh percaya kepada Yesus Kristus sebagai Juruselamat. 
MELAKUKAN
Lakukan hal-hak praktis untuk membuktikan saudara telah menghargai kemerdekaan melalui kematian Yesus Kristus di atas kayu Salib dengan cara, seperti:
 ...........................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah sukacita yang diterima ketika saudara meresponi kemerdekaan yang saudara terima di dalam Yesus kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka mengalami hal yang sama.
Ayat Hafalan: Yeremia 29:7

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”