“Dengan Terus Berjuang”

Efesus 6:10-18
MENERIMA
Berdoalah agar saudara tidak berhenti berjuang dalam menjalankan hidup yang merdeka dalam Kristus Yesus.
MERENUNGKAN
1. Siapakah yang menjadi lawan dalam hidup setiap orang percaya? (12)
.................................................................................................
2. Apa yang harus dilakukan oleh setiap orang percaya dalam menghadapi hari yang jahat? (13)
................................................................................................
3. Sebutkanlah perlengkapan senjata Allah yang harus dikenakan oleh orang percaya? (14-18)
................................................................................................
PENGAJARAN
Dalam peperangan, mengenal musuh menjadi sesuatu yang penting ketika mereka harus memilih senjata yang akan dibawa ke medan perang. Dalam masa perang dingin, misalnya, Amerika Serikat - Uni Soviet berlomba-lomba untuk membuat bom nuklir karena mereka percaya bahwa musuh mereka hanya dapat dikalahkan dengan memperbanyak senjata itu. Di zaman kuno, prajurit memakai seragam lengkap perang jika mereka maju ke medan perang, karena di situlah mereka akan menghadapi peperangan hidup dan mati.

Firman Tuhan hari ini menjelaskan bahwa perjuangan orang percaya di dunia ini adalah perjuangan dalam peperangan yang sangat panjang. Ketika ia percaya kepada Yesus Kristus maka dirinya tidak berhenti sampai titik percaya saja tetapi tetap harus bergumul/menjalani peperangan rohani untuk melawan penguasa dunia yang gelap ini (ayat 12), yaitu menghadapi kuasa yang menghalangi pemberitaan kabar baik. Untuk menghadapi kuasa itu, setiap orang percaya harus mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah (6:11, 13) dan bersandar penuh kepada Tuhan saja (6:10). Oleh karena itu, dalam perjuangan mengisi kemerdekaan rohani, mereka jangan mudah untuk berputus asa dan menyerah tetapi harus kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya, karena orang percaya sedang berperang secara rohani.

Saudara, sadarlah dan kenalilah betapa kuatnya musuh yang dihadapi dalam peperangan rohani ini, karena itu andalkan senjata-senjata dari Allah untuk mengalami kemenangan melawan si jahat. Tidak ada yang sanggup mengalahkan mereka kecuali Tuhan sendiri. Karena itu teruslah berjuang bersama Allah sampai nanti berjumpa muka dengan muka dengan DIA.
MELAKUKAN
Lakukan hal-hak praktis untuk membuktikan saudara telah menghargai kemerdekaan melalui kematian Yesus Kristus di atas kayu Salib dengan cara, seperti:
 .......................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah sukacita yang diterima ketika saudara meresponi kemerdekaan yang saudara terima di dalam Yesus kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka mengalami hal yang sama.
Ayat Hafalan: Yeremia 29:7

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”