“Dimerdekakan Untuk Melayani”


Efesus 6:6-9
MENERIMA
Berdoalah agar saudara selalu hidup dengan kesadaran diri yang benar bahwasannya saudara merdeka untuk melayani berdasarkan atas nilai-nilai alkitabiah.
MERENUNGKAN
1. Apakah pesan yang ingin disampaikan oleh Paulus lewat nats yang saudara baca hari ini? (5)
........................................................................................
2. Apakah tindak-tanduk saudara kerap didasarkan demi menyenangkan hati orang semata? (6)
.........................................................................................
3. Apakah motif pelayanan: demi Tuan yang tidak kelihatan dan bukan demi manusia? (7)
..........................................................................................
PENGAJARAN
Nats yang saudara baca pada hari ini sesungguhnya menyampaikan suatu kebenaran bahwasannya seorang hamba haruslah menaati dan melayani tuannya dengan sikap yang didasarkan pada suatu paradigma (cara pandang) yang berbeda dengan paradigma yang lazim dianut oleh masyarakat sekuler pada umumnya. 

Paradigma yang berbeda tersebut tersirat dari sikap seorang hamba yang taat kepada tuannya dengan takut dan gentar (ayat 5), bukan karena tertekan atau terpaksa, melainkan karena menyadari bahwa Kristus adalah Tuan yang tidak kelihatan. Seorang hamba taat dengan bekerja segenap hati (ayat 6) bukan untuk menyenangkan hati tuannya saja melainkan untuk menyenangkan Tuhan Yesus (ayat 7). Meski tidak dilihat tuannya, hamba itu bekerja rajin dan tekun karena kehadiran Yesus Kristus. Hamba taat kepada tuan dengan bekerja baik karena upahnya berasal dari Tuhan (ayat 8), bukan hanya manusia saja. Di dalam Kristus, orang-orang telah dimerdekakan, hal inilah yang menjadi prinsip ajaran Rasul Paulus. Adapun esensi dari kemerdekaan dalam Kristus tersebut sendiri adalah suatu kondisi di mana seseorang bebas bertindak bukan lagi atas dasar rasa takut, tertekan, atau terpaksa, melainkan atas dasar kesadaran diri pribadi terhadap Kristus yang telah terlebih dulu memerdekakan dirinya dari belenggu dosa. Yang bersangkutan menyadari bahwa saat ini ia bebas dan merdeka untuk melayani dengan paradigma yang benar, demi kasih kepada Kristus.

Lalu, yang menjadi pertanyaannya ialah apakah saat ini saudara telah memiliki kesadaran diri yang seperti itu bila saudara melayani sesamamu? Harapannya adalah semoga demikian.
MELAKUKAN
Tuliskanlah hal-hal yang dapat saudara doakan dan lakukan bagi kesejahteraan bangsa Indonesia yang merdeka 67 tahun ini?
 ..........................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara terima ketika saudara mengalami kemerdekaan di dalam Yesus kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka mengalami hal yang sama.
Ayat Hafalan : Roma 7:24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”