“Dimerdekakan Untuk Memerdekakan”


Ulangan 15:12-18
MENERIMA
Berdoalah agar kemerdekaan dalam Tuhan Yesus mendorong saudara untuk memerdekakan hidup orang lain.
MERENUNGKAN
1. Berapa lama seseorang budak Ibrani bekerja? (12)
..................................................................................................................................................
2. Apa yang akan diterima oleh seorang budak yang menerima kemerdekaan? (14)
...........................................................................................
3. Hal seperti apakah yang harus diingat oleh orang Israel mengenai perbudakan? (15)
............................................................................................
PENGAJARAN
Kejatuhan manusia dalam dosa, telah membuat manusia berusaha semaksimal mungkin membebaskan diri dari penderitaan. respons umum manusia ketika melihat penderitaan terbagi menjadi 2; Pertama: Berusaha menghadapi penderitaan dengan mengembangkan berbagai keterampilan seperti berpikir positif dan berbagai cara kreatif untuk mengantisipasi penderitaan. Kedua: Mencoba menyangkali atau lari dari penderitaan yang menghadang dengan menggunakan apapun yang bisa memberi kelegaan atau kepuasan, seperti narkotika.

Surat Petrus pada bagian ini menyatakan bahwa setiap orang percaya harus melihat karena dosa maka penderitaan adalah sebuah realita yang harus dihadapi. Karena itu setiap orang percaya harus melihat bahwa penderitaan bukanlah hal yang melemahkan atau tidak bisa terjadi dalam hidup. Namun lihatlah penderitaan sebagai hal yang menguji apakah yang benar-benar penting bagi hidup. Penderitaan dapat juga membuat orang percaya melihat dengan jelas apa sesungguhnya prinsip hidup yang mendasari gerak dan pikiran serta hal-hal apa yang masih perlu dimurnikan di dalam dirinya. 

Saudara, dosa telah menghasilkan penderitaan namun hadapilah itu dengan keberanian. Bagaimana caranya? Dengan menggunakan setiap kesempatan dalam hidup untuk melakukan kehendak Allah, apa pun akibat yang harus ditanggung. Ingatlah bahwa dasar dari tindakan saudara adalah Kristus yang juga telah mengalami penderitaan badani. Suatu penderitaan yang dilakukan demi menyelamatkan setiap manusia yang berdosa, agar mereka dapat kembali menjadi manusia yang utuh kembali seperti pertama kali Tuhan menciptakan Adam.
MELAKUKAN
Tuliskanlah hal-hal yang dapat saudara doakan dan lakukan bagi kesejahteraan bangsa Indonesia yang merdeka 67 tahun ini?
 .........................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara terima ketika saudara mengalami kemerdekaan di dalam Yesus kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka mengalami hal yang sama.
Ayat Hafalan : Roma 7:24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”