“Jika Dekat kepada Allah”


Yakobus 4:1-8
MENERIMA
Berdoalah kepada Tuhan, agar Ia menolong saudara untuk bisa menang atas kebiasaan buruk dan dosa-dosa pribadi anda.
MERENUNGKAN
1. Menurut Yakobus, darimana datangnya sengketa dan pertengkaran antar orang percaya? (1)
...........................................................................................
2. Mengapa saat orang berdoa, seseorang itu tidak menerima apa-apa? (3)
...........................................................................................
3. Apa yang harus orang percaya lakukan agar iblis lari dari padanya? (7)
...........................................................................................
PENGAJARAN
Tidak ada orang percaya yang sempuna, tidak satu pun. Ini adalah sebuah kesadaran dari orang percaya yang mengerti bahwa efek dosa masih berlaku atas setiap pribadi manusia. Walaupun orang yang sungguh-sungguh percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat tidak akan masuk ke dalam neraka, namun kuasa dosa masih memiliki efek. Ingatlah seberapa sering saudara melakukan kebiasaan buruk dan dosa-dosa, dan masih membenarkan diri atas beberapa tindakan dosa tersebut.  Bagi mereka yang sungguh-sungguh adalah orang percaya maka dia haruslah menyadari keberdosaannya dan ingin lepas. Namun mungkinkah? Jika saudara membaca firman Tuhan dan merefleksikannya, maka seharusnya saudara dapat menemukan jawaban, “YA, Saya bisa lepas dari dosa ini/itu!

Di dalam perikop bacaan hari ini, dijelaskan bahwa tidak sedikit orang percaya masih ada yang tegar tengkuk alias keras kepala untuk melakukan beberapa tindakan dosa. Lalu Paulus menjelaskan bahwa tindakan dosa itu bisa dikalahkan jikalau orang percaya: 1. Mau TUNDUK pada ALLAH dan 2. Menolak bujukan dan tipu muslihat IBLIS. Tunduk pada Tuhan Allah berarti hidup dalam kedisiplinan rohani: membaca dan merenungkan firman, berdoa, berpuasa, terlibat dalam persekutuan dengan sesama anak Tuhan. Melawan Iblis dalam pengertian, menggunakan firman Tuhan untuk mengatakan TIDAK terhadap dosa, mengingat janji dan larangan Tuhan dan mengutipnya terus saat dicobai dan ingin berbuat dosa, sama seperti yang Yesus lakukan waktu ia dicobai di padang gurun. 

Apakah saudara ingin mengalami kemerdekaan? Tunduklah pada Allah dan lawanlah iblis dengan sebuah kehidupan yang dengan firman-Nya hari lepas hari.
MELAKUKAN
Tuliskanlah kebiasaan buruk yang masih mengikat hidup saudara dan berdoalah agar kuasa-Nya memampukan saudara untuk dimerdekakan dari hal itu!
 ....................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka bisa saling menjaga seluruh komunitasnya dan berhati-hati dari pengaruh dan kuasa dosa.
Ayat Hafalan :  Roma 6:5-6

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”