“Jika Memiliki Hati Yang Murni”


Yeremia 17:5-10
MENERIMA
Berdoalah agar saudara memiliki hati yang murni dan selalu mengandalkan Tuhan Allah dalam segenap segi hidup ini.
MERENUNGKAN
1. Apa iman saudara kerap berpusatkan pada diri sendiri dan sumber daya manusia? (5,6)
...............................................................................................
2. Bagaimana caranya agar hidup diberkati Tuhan dan tidak henti menghasilkan buah? (8)
...............................................................................................
3. Apakah saat ini saudara telah memiliki hati yang murni dihadapan Allah? (9)
...............................................................................................
PENGAJARAN
Ada kebenaran penting yang tersirat dari nats yang saudara baca hari ini bahwasannya mereka yang kepercayaannya berpusatkan pada diri sendiri dan sumber daya manusia pastilah akan kecewa, miskin rohani, dan akhirnya terhilang. Sebaliknya, mereka yang sepenuhnya mengandalkan Tuhan akan diberkati dan akhirnya memperoleh pahala warisan ilahi. Mereka tidak akan takut atau khawatir di dalam situasi hidup bagaimanapun karena akar mereka tertanam jauh di dalam Allah.
Nabi Yeremia memperingatkan raja-raja terakhir Yehuda agar tidak mengandalkan raja-raja duniawi (ayat 5,6). Namun, rupanya mereka terus-menerus mencari bantuan dari Mesir. Alangkah bodohnya mereka! Mereka seharusnya bertobat dari kefasikan dan berbalik mencari pertolongan Allah yang Mahakuasa. Hal penting lainnya ialah bahwa hati adalah kehidupan batin seseorang dan mencakup keinginan, perasaan, dan pikirannya (ayat 9). Terutama sekali, hati adalah sangat jahat dan buruk; sebagai akibatnya orang berubah untuk mementingkan diri sendiri, jahat dan tidak menurut jalan kebenaran Allah. Hati manusia yang rusak itu tidak dapat diperbaiki atau diubah dengan kekuatan sendiri. Satu-satunya cara ialah mengalami kasih karunia Allah, dilahirkan kembali oleh iman kepada Kristus dan menerima hati yang baru –  hati yang murni,  hati yang membenci kejahatan dan gemar melaksanakan kehendak Allah.
Saudara yang terkasih, apakah saat ini saudara telah memiliki hati yang murni? Dan apakah saudara juga selalu mengandalkan Tuhan dalam segenap segi hidup saudara? Semoga demikian adanya agar mengalami kemerdekaan dari-Nya!
MELAKUKAN
Tuliskanlah kebiasaan buruk yang masih mengikat hidup saudara dan berdoalah agar kuasa-Nya memampukan saudara untuk dimerdekakan dari hal itu!
 ...............................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka bisa saling menjaga seluruh komunitasnya dan berhati-hati dari pengaruh dan kuasa dosa.
Ayat Hafalan :  Roma 6:5-6

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”