“Kemerdekaan Pribadi”


Galatia 5:1-5
1. MENERIMA
Berdoalah agar saudara sungguh-sungguh mengalami kemerdekaan secara pribadi dalam Tuhan Yesus.
2. MERENUNGKAN
1. Mengapa seseorang dikatakan jangan mau dikenakan kuk perhambaan? (1)
.......................................................................................
2. Apa yang wajib dilakukan oleh seseorang yang menyunatkan dirinya? (3)
........................................................................................
3. Bagaimana seseorang menantikan kebenaran yang diharapkan? (5)
........................................................................................
PENGAJARAN
Tema utama dari Kitab Galatia adalah ‘keselamatan didapatkan melalui iman dan bukan usaha; bahwa pembenaran (relasi yang benar dengan Allah) adalah hasil pemberian Anak Allah yang penuh rahmat, bukan hasil usaha manusia; bahwa kemerdekaan dari ikatan dosa tidak didapatkan melalui ketaatan yang secermat apapun akan Hukum Taurat, tetapi melalui kematian Kristus yang menebus di kayu salib’. Paulus mengemukakan bahwa menjadi orang Kristen sejati bukan karena melakukan Taurat tapi menjadi pribadi yang percaya Yesus sebagai Juruselamat; sebab sesungguhnya satu-satunya dasar untuk kehidupan Kristen adalah percaya kepada Kristus. Dengan kepercayaan itu hubungan manusia dengan Tuhan menjadi baik kembali. Tetapi mereka yang menentangnya telah datang ke jemaat-jemaat di Galatia, yaitu sebuah daerah di Anatolia Pusat di Asia Kecil. Mereka mengajarkan bahwa untuk berbaik kembali dengan Tuhan, orang harus melaksanakan hukum Yahudi. Karena kondisi yang terjadi maka Paulus menulis surat Galatia untuk menolong jemaat Galatia yang telah disesatkan oleh ajaran-ajaran salah,supaya mereka kembali taat kepada ajaran yang benar. Paulus melalui suratnya kepada jemaat Galatia mau  menolak tuntutan  kelompok ini dan menyatakan bahwa setiap orang yang beriman kepada Kristus telah dimerdekakan dari segala sesuatu (termasuk dari dosa & perbudakan hukum Taurat). Namun setelah dimerdekakan, maka dia dipanggil untuk mengabdi dalam kasih, mengabdi dengan rela dan menjadi seperti yang Tuhan mau.

Saudara, ketika saudara percaya kepada Yesus sebagai Juruselamat maka pada saat itu Dia menjadi penguasa tunggal dalam hidup. Sehingga tiada lagi keterikatan pada segala aturan dan hukum agamawi tetapi pada keserupaan dengan DIA.
MELAKUKAN
Tuliskanlah hal-hal yang dapat saudara doakan dan lakukan bagi kesejahteraan bangsa Indonesia yang merdeka 67 tahun ini?
 ...........................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara terima ketika saudara mengalami kemerdekaan di dalam Yesus kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka mengalami hal yang sama.
Ayat Hafalan : Roma 7:24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”