“Kemerdekaan: Sebuah Kesetaraan”


Galatia 3:26-29
MENERIMA
Berdoalah supaya melalui firman Tuhan ini, kita belajar turut serta berjuang memperjuangkan kesetaraan hak dalam segala aspek dan bidang.
MERENUNGKAN
1. Bagaimana status saudara di dalam Yesus Kristus? (26)
.........................................................................................
2. Apa tanda seseorang telah mengenakan Yesus Kristus? (27)
..........................................................................................
3. Apa hak seseorang setelah menjadi milik Yesus Kristus? (29)
..........................................................................................
PENGAJARAN
Selama 350 tahun bangsa Indonesia terkungkung dalam penindasan dan penjajahan Belanda. Belum lagi 3 setengah tahun di bawah kekejaman tentara Jepang. Suatu penderitaan yang luar biasa harus dialami oleh bangsa Indonesia di masa lalu! Begitu banyak pelajaran yang dapat dipetik dari lembar sejarah bangsa ini. Semangat para pejuang dalam meraih kemerdekaan sepatutnya menjadi contoh bagi saudara yang hidup di masa kini. Walaupun, berbeda-beda mereka bersatu padu mengusir penjajah demi mewujudkan negara kesatuan. 

Dalam perikop ini, Paulus mengingatkan bahwa ketika mereka mengalami kemerdekaan di dalam Yesus Kristus, maka mereka telah menjadi anak-anak Tuhan. Mereka yang telah bebas dari kuasa dosa, seharusnya tidak lagi dikotak-kotakkan oleh perbedaan budaya, perbedaan status, perbedaan gender/jenis kelamin atau bersunat atau tidak bersunat, dsb. Dosalah yang membuat mereka begitu mementingkan perbedaan. Setelah mereka mengenakan Kristus, maka semua orang adalah anak-anak Allah (ayat 26) atau keturunan Abraham (ayat 29). Jadi kemerdekaan seharusnya memacu mereka untuk menjadi saluran berkat untuk ‘siapa pun’ dan harus ‘diatas semua golongan dan status’ dari orang yang akan menikmati saluran berkat. Tiada lagi menjadi begitu penting siapa diri mereka, tetapi apa yang bisa mereka lakukan dan kerjakan bagi Tuhan dengan status mereka yang baru itu.

Mari, saat ini, saudara kembali meneladani semangat yang sama dalam berjuang bagi kesatuan dan persatuan, kesetaraan hak masyarakat dalam segala bidang. Sehingga saudara dapat menjadi berkat bagi siapa pun, tanpa memandang ras, bangsa, agama dan status.
MELAKUKAN
Tuliskanlah hal-hal yang dapat saudara doakan dan lakukan bagi kesejahteraan bangsa Indonesia yang merdeka 67 tahun ini?
 .........................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara terima ketika saudara mengalami kemerdekaan di dalam Yesus kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka mengalami hal yang sama.
Ayat Hafalan : Roma 7:24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”