“Menghargai Kemerdekaan”

1  Petrus 2:11-17
1. MENERIMA
Berdoalah agar saudara sungguh-sungguh menghargai kemerdekaan dalam Kristus sehingga hidup saudara senantiasa memberkati banyak orang.
2. MERENUNGKAN
1. Sebutan apa yang dipakai Rasul Petrus untuk orang percaya? (11)
..............................................................................................................
2. Apa yang harus dimiliki oleh orang percaya dalam hidupnya? (12)
...............................................................................................................
3. Bagaimana orang percaya menggunakan kemerdekaan yang dimiliki? (16)
...............................................................................................................
PENGAJARAN
Mantan presiden USA -Franklin D. Roosevelt- pernah mengatakan ada 4 kemerdekaan dasar yang dapat dinikmati oleh semua orang setelah Perang Dunia II berakhir, yaitu: kemerdekaan untuk berbicara; kemerdekaan untuk beribadah; kemerdekaan dari kekurangan dan kemerdekaan dari ketakutan. Tetapi, menurut Warren W. Wiersbe, "Dunia memerlukan macam kemerdekaan yang lain, yaitu kemerdekaan yang kelima. Orang perlu merdeka dari dirinya sendiri dan kekuasaan kodratnya yang berdosa" 
Petrus menulis kepada orang-orang percaya yang disebutnya “pendatang dan perantau”, agar sebagai perantau, hidupnya mawas diri dan bijaksana. Petrus menasehati mereka untuk menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa. Agar terhindar diri dari kesulitan apabila ada yang memfitnah (ayat 12). Dengan kata lain setiap penerima surat diajak untuk menyadari posisi mereka dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai hamba Allah, yang telah merdeka, tapi kemerdekaan itu bukan kesempatan dan alasan untuk menyelubungi dosa dan kejahatan (ayat 16). Hidup seorang hamba adalah berusaha untuk menyenangkan hati tuannya. Kristus telah memerdekakan dari perbudakan dosa, maka sekarang mereka dapat dikatakan menjadi milik, Kristus Yesus sebagai tuan mereka yang baru.
Saudara, jika Kristus telah memerdekakan saudara dari perbudakan dosa, maka saudara telah benar-benar merdeka. Namun kemerdekaan itu harus dihargai dengan hidup yang benar dan tindakan yang menghargai kemerdekaan dalam Kristus, serta senantiasa menyenangkan hati-Nya dan memberkati orang lain.
3. MELAKUKAN
Lakukan hal-hak praktis untuk membuktikan saudara telah menghargai kemerdekaan melalui kematian Yesus Kristus di atas kayu Salib dengan cara, seperti:
 .....................................................................................................................
4. MEMBAGIKAN
Bagikanlah sukacita yang diterima ketika saudara meresponi kemerdekaan yang saudara terima di dalam Yesus kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka mengalami hal yang sama.
Ayat Hafalan: Yeremia 29:7

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”