“Menikmati Kondisi Yang Tuhan Ingin”


3 Yohanes 1:2-6
MENERIMA
Berdoalah agar saudara selalu hidup dalam kebenaran dan mengenal kebenaran sehingga mengalami hidup yang lancar supaya dapat menjadi berkat dan mengasihi orang lain.
MERENUNGKAN
1. Siapakah Gayus sebagaimana yang dimaksudkan dalam nats yang saudara baca hari ini? (1)
....................................................................................
2. Apakah dirindukan Yohanes atas Gayus? (3)
....................................................................................
3. Dengan kondisi seperti itu, apakah yang dilakukannya? (5-6)
...................................................................................
PENGAJARAN
Banyak hal yang dapat membuat manusia tak dalam kondisi yang seharusnya dinikmati. Oleh sebab itu, ketika Yohanes mendengar jemaat dalam kondisi baik-baik dalam ‘segala seusatu’, ia pun bersukacita, terlebih ketika anggota-anggota jemaat masih setia hidup dalam kebenaran. Gayus adalah salah satu dari mereka. Siapakah Gayus? Yang jelas ia adalah seorang pemimpin di salah satu jemaat yang menerima surat dari Yohanes.

Dalam ungkapan sukacitanya, Yohanes menyebutkan kata "sukacita" dua kali (ayat 3 dan 4). Beberapa orang yang mungkin baru kembali dari kunjungan ke jemaat Gayus, memberikan kesaksian bahwa Gayus "hidup dalam kebenaran" (ayat 3). Ini yang membuat mereka bisa hidup baik-baik dan sehat dalam segala sesuatu. Kata ‘baik-baik’ (Euodo - Yun mayest prosper - KJV), yang berarti sukses meraih sesuatu, diberi berkat kelimpahan atau diberi kemudahan dalam hidup mereka. Mendengar bahwa "anak-anakku hidup dalam kebenaran" membawa sukacita besar bagi sang Penatua (ayat 4). Istilah "anak-anakku" sendiri mengungkapkan kasih kebapaan Yohanes terhadap anak-anak rohaninya dan hubungan yang dekat diantara mereka. Yohanes ingin mereka hidup dalam kondisi ini terus agar mereka bisa terus menolong, seperti yang sudah dilakukannya (ayat 5-6). 

Jadi saudara-saudarasekalian, sebenarnya kondisi yang Tuhan inginkan dalam kehidupan orang percaya (khususnya dalam hidup ekonomi saudara) adalah bahwa orang percaya selalu hidup dalam kelancaran, dan itu dapat diperoleh ketika saudara hidup dalam kebenaran dan mengenal kebenaran yang dibuktikan dengan saling mengasihi.
MELAKUKAN
Tuliskanlah hal-hal yang perlu ditata ulang keuangan saudara dan doakanlah agar saudara terus diberi hikmat oleh Allah sehingga mengalami kemerdekaan secara finansial!
 ...............................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah pengalaman pergumulan hidup saudara dalam keuangan dan pertolongan Tuhan akan hal itu, kepada rekan kerja, rekan komsel dan handai taulan.
Ayat Hafalan : Amsal 13:11

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”