“Merdeka Dari Kebiasaan Buruk”

Yohanes 8:30-36
MENERIMA
Berdoalah agar saudara sungguh-sungguh mau mengikatkan diri pada firman-Nya sehingga sungguh-sungguh mengalami kemerdekaan dari kebiasaan buruk.
MERENUNGKAN
1. Apa yang dapat menjadi tanda bahwa seorang adalah murid Yesus Kristus? (30-31)
...........................................................................................
2. Apa jawaban orang Yahudi terhadap pernyataan Yesus Kristus? (33)
  ........................................................................................
3. Perbedaan apakah yang nampak antara seorang hamba dan anak? (34-36)
...........................................................................................
PENGAJARAN
Setelah meraih kemerdekaan melalui pengorbanan para pahlawan, ternyata selama ini, sebagai suatu bangsa, Indonesia telah gagal untuk menata diri dan membangun diri sebagai satu bangsa yang merdeka dan sejahtera. Bangsa ini hidup dalam keserakahan dan pementingan diri dimana Indonesia telah gagal mendayagunakan sumber daya manusia dan alam dengan benar, tetapi justru memanipulasi dan mengeksploitasinya; Indonesia gagal membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang takut akan Tuhan, yang menjunjung kebenaran, berkeadilan dan beradab.  Karena itu jangan heran bila bangsa Indonesia menjadi bangsa yang dijajah/diperbudak oleh bangsa lain dalam berbagai aspek. 

Melalui bacaan firman hari ini, dikatakan bahwa bila seseorang benar-benar menjadi murid Tuhan Yesus maka harus mengikatkan dirinya pada firman Tuhan (8:31). Firman Tuhan akan membuat seseorang mengalami kemerdekaan sejati (8:32, 36). Orang yang melepaskan diri dari firman akan terikat dan diperbudak oleh sesuatu. Sebaliknya, orang yang rela dan setia mengikatkan diri pada firman Tuhan akan mengalami kemerdekaan sejati. Saudara, bila ingin bebas dari ikatan kebiasaan buruk yang memperbudak hidup,seperti egoisme, kesombongan, harta, jabatan, seks, ketamakan, dan hal-hal lain yang terus membuat hidup saudara berdosa - maka saudara harus mengikatkan diri pada firman Tuhan. Kemerdekaan sejati akan saudara peroleh bila taat dan rela mendisiplin hidup dengan membaca, merenungkan, dan melakukan firman Tuhan. Ketika saudara mau membaca dan merenungkan Alkitab setiap hari dan segera menerapkannya pada hari itu juga maka itu adalah langkah sederhana untuk hidup di dalam firman dan mengalami kemerdekaan dari kebiasaan buruk dalam hidup.
MELAKUKAN
Tuliskanlah kebiasaan buruk yang masih mengikat hidup saudara dan berdoalah agar kuasa-Nya memampukan saudara untuk dimerdekakan dari hal itu!
 ..........................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat firman Tuhan hari ini kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka bisa saling menjaga seluruh komunitasnya dan berhati-hati dari pengaruh dan kuasa dosa.
Ayat Hafalan :  Roma 6:5-6

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”