“Penatalayanan Atas Hutang”


Amsal 22:6-7,26-27
MENERIMA
 Bersyukurlah selalu kepada Tuhan untuk setiap berkat materi yang telah diberikan-Nya!
MERENUNGKAN
1. Apakah dampak bagi orang muda yang telah dididik dalam firman?  (6)
.........................................................................................
2. Bagaimanakah keadaan orang yang berhutang? (7)
.........................................................................................
3. Apakah yang harus dilakukan sebagai anak-anak Tuhan terhadap orang yang berhutang kepada mereka? (26)
.........................................................................................
PENGAJARAN
Saat ini, banyak masyarakat yang tergiur dengan penawaran-penawaran kartu kredit. Hal itu tidaklah salah, namun yang amat disayangkan jikalau sudah tahu bahwa ia tidak sanggup untuk melunasinya, akan tetapi tetap nekad untuk mengambil kredit tersebut. Akhirnya yang terjadi adalah, “Besar pasak daripada tiang” dan hutang yang ada pun semakin menumpuk.

Dalam seluruh aspek kehidupan orang percaya, firman Tuhan menjadi penuntun hidup. Secara khusus, Salomo memberikan nasihat agar orang muda dididik dalam kebenaran agar makin bijak menjalani hidupnya. Mengapa perlu mendapat didikan? Karena pengalamannya masih sangat sedikit, emosinya pun belumlah stabil, dan terkadang penuh dengan ambisi.  Didikan itu akan mempengaruhinya termasuk dalam hal mengatur keuangannya.  Firman Tuhan mengajarkan setiap orang percaya untuk bersyukur dan bagaimana mengelola atas berkat yang telah diterimanya. 

Tuhan ingin saudara bijak dalam mengatur berkat Tuhan. Belajar bersyukur untuk setiap berkat yang ada. Apabila memiliki hutang sedapat mungkin, segeralah untuk melunasi hutang saudara. Dan kalaupun ada orang lain yang meminta hutang kepada saudara, perlakukanlah dengan dasar kasih kepadanya, jangan melilitkan hutang kepada mereka kalau saudara tahu bahwa mereka tidak sanggup untuk membayarnya, dan beritahulah kepadanya cara untuk mengatur keuangannya, agar di hari mendatang ia pun tidak akan meminjam lagi. Semua yang saudara jalani dan lakukan haruslah berlandaskan kasih dan kebenaran firman Tuhan. 
MELAKUKAN
Tuliskanlah hal-hal yang perlu ditata ulang keuangan saudara dan doakanlah agar saudara terus diberi hikmat oleh Allah sehingga mengalami kemerdekaan secara finansial!
 ......................................................................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah syukur saudara sebagai ciptaan Allah kepada sesama jemaat atau anggota komsel yang masih belum menyadari akan keistimewaan mereka!
Ayat Hafalan : Amsal 13:11

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”