“Adanya Nuansa Saling Menasehati”


2 Tesalonika 3:10-15
MENERIMA
Mulailah memberikan hati dan waktu untuk mendoakan bangsa Indonesia agar bangsa ini boleh keluar dari segala keterikatan.
MERENUNGKAN
1. Apakah unsur yang tidak boleh hilang dalam sebuah komunitas? (10-12)
..................................................................................................................................................
2. Apakah tujuan dari nasehat yang diberikan antar sesama dalam sebuah komunitas? (13)
..................................................................................................................................................
3. Apakah yang mendasari nasehat yang diberikan dalam komunitas? (14-15)
..................................................................................................................................................
PENGAJARAN
Suatu komunitas yang hidup adalah komunitas yang memiliki ketersalingan, yaitu saling membutuhkan satu dengan lain. Adakalanya, suatu hari seseorang menguatkan orang lain, namun di hari yang lain, dia yang butuh dikuatkan oleh orang lain; adakalanya dia dinasehati oleh orang lain atau di dalam kesempatan lain, dia yang menasehati orang lain. Mengapa harus demikian? Karena tiada seorang pun yang bisa bertahan sendiri dalam dunia ini. Bayangkan jika tiada saudara yang saling mendukung, menasehati, memberi masukan, dan menegur jika perlu, supaya dia jauh lebih kuat menghadapi timbunan masalah yang hadir dalam hidupnya.

Nasehat selalu muncul karena ada sebuah kesalahan atau penyimpangan dari aturan yang sudah berjalan. Dan perikop ini, Paulus mendapati laporan bahwa komunitas jemaat Tesalonika ada yang hidup bermalas-malasan. Ini karena ada pengajaran yang salah tentang ‘kedatangan Yesus yang segera kembali’ atau ‘akhir zaman’, sehingga ada sebagian jemaat yang meninggalkan usahanya. Menghadapi hal ini, maka dia menegur mereka agar kembali hidup normal, dan tetap berkarya bagi orang lain atau menjadi berkat bagi orang lain, bukan malah diam saja, tidak bekerja. Seharusnya tindakan yang benar dalam penantian akan Yesus yang datang kembali, yaitu dengan berbuat baik, bekerja dengan giat, dan memberkati orang. Walau pun mereka salah, rasul menasehati pemimpin gereja di Tesalonika agar menyambut mereka dan bukan memusuhi, sebab hal itu dilakukan karena ketidakmengertian mereka.

Adakah komunitas saudara masih memiliki unsur ini dalam pertemuan demi pertemuan yang tiap kali dilakukan? Perkuat terus komunitas saudara dengan saling menguatkan!
MELAKUKAN
Tuliskanlah hal-hal yang dapat saudara doakan dan lakukan bagi komunitas sel atau anggota komsel saudara agar mereka setia dan rindu bersekutu dalam komsel?
 ......................................................................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat rohani yang saudara terima ketika saudara menghadiri komsel kepada orang-orang yang terlibat dalam komsel agar mereka mengalami hal yang sama.
Ayat Hafalan : 1 Korintus 14:25

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”