“Adanya Pencarian Yang Terhilang”

Yehezkiel 34:11-16
MENERIMA
Berdoalah agar saudara makin memiliki rasa tanggung jawab terhadap jiwa-jiwa yang sudah Tuhan tempatkan di komsel saudara.
MERENUNGKAN
1. Hal apakah yang hendak disampaikan oleh Yehezkiel dalam bacaan hari ini? (11-16)
..................................................................................................................................................
2. Lalu hal apa yang bisa saudara pelajari berkaitan dengan kehidupan komsel saudara?
..................................................................................................................................................
3. Bagaimana caranya agar saudara makin peduli terhadap jiwa lain di komsel saudara?
..................................................................................................................................................
PENGAJARAN
Perikop ini adalah nubuatan Yehezkiel yang menentang para pemimpin Israel, yaitu para raja, imam dan nabi. Karena keserakahan, korupsi, dan mementingkan diri sendiri, para pemimpin itu telah lalai menuntun umat Allah sebagaimana dikehendaki oleh-Nya. Mereka memeras dan memanfaatkan umat-Nya bagi kepentingan pribadi dan bukan menolong rohani mereka dan Allah akan menghukum mereka. Oleh sebab itu, Yehezkiel bernubuat suatu saat kelak, Allah akan mengirim seorang Gembala yang berkenan kepada-Nya (yaitu Sang Mesias) yang akan sungguh-sungguh memelihara umat-Nya (ayat 11-16).
Dalam dunia ini hanya ada dua gaya: gravitasi dan cinta. Yang satu menarik ke dalam, yang lain memberi ke luar. Yang satu menghisap, yang lain tiada berharap. Nubuat Yehezkiel difokuskan pada para pemimpin Israel yang digambarkan sebagai gembala-gembala yang tidak bertanggung jawab. Alih-alih mencintai domba-domba (rakyat Israel), mereka tidak acuh terhadap tugas penggembalaan, dan hanya bisa menikmati tanpa pernah memberi. Egoisme seperti ini menimbulkan kemarahan Allah. Para pemimpin Israel tidak sadar bahwa mereka hanyalah gembala-gembala, dan bukan pemilik.
Berkaitan dengan hidup ber-komsel maka ada kebenaran penting yang bisa dipelajari dari nubuat Yehezkiel ini, yaitu tentang tanggung jawab terhadap “domba-domba” yang dipercayakan Tuhan di komsel saudara. Sebagai pemimpin komsel atau sebagai anggota komsel di gereja, sudahkah saudara menggembalakan atau saling menjaga domba-domba ini dengan baik? Bagi domba yang mulai “menghilang,' sudahkah saudara berlelah mencarinya?

MELAKUKAN
Lakukan hal-hal yang praktis namun bisa dilakukan agar komunitas sel saudara dapat memiliki semangat terus untuk bersekutu:
 ......................................................................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat yang didapat sehingga saudara bisa semangat untuk ikut senantiasa komsel kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka mengalami hal yang sama.
Ayat Hafalan: Yeremia 29:7

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”