“Adanya Pembaharuan Hati”


Yehezkiel 36:25-30
MENERIMA
Berdoalah agar saudara selalu mengalami pembaruan hati setiap hari, lewat ketaatan pada Roh Kudus yang diam dalam diri saudara dan perenungan firman tiap hari.
MERENUNGKAN
1. Bagaimana kondisi bangsa Israel saat firman tersebut disampaikan? (16-21)
..................................................................................................................................................
2. Apa prakarsa Tuhan terhadap kondisi Israel tersebut? (22-28)
..................................................................................................................................................
2. Apa akibat dari prakarsa Tuhan tersebut? (28-30)
..................................................................................................................................................
PENGAJARAN
Dari bagian firman Tuhan ini, dapatlah kiranya dipahami bahwa saat itu bangsa Israel ada di dalam kondisi yang terpuruk akibat dosa-dosa mereka - sehingga diremehkan diantara bangsa-bangsa. Hal ini tentu berdampak terhadap nama Tuhan sebagai Allah Israel di mata bangsa-bangsa (ayat 16-21). Tentu pemulihan atas Israel tidak sekedar untuk membuat nama-Nya kembali menjadi kudus di tengah bangsa ini,  namun karena Dia berbelas kasihan atas keterpurukan mereka. Tuhan membawa Israel keluar dari segala dosa-dosanya, menyucikan dengan Roh-Nya dan membuat Israel hidup di jalan yang dikehendaki-Nya (ayat 22-28). Sehingga bangsa ini diberkati dan bertambah banyak sehingga bangsa ini dan bangsa-bangsa lain bisa melihat ada Tuhan atas bangsa ini.  

Proses pemulihan-Nya dilakukan dengan ‘pencurahan air yang jernih untuk mentahirkan’ - karya Roh Kudus yang membawa pembersihan/ pentahiran hati sebagai hasil penebusan oleh darah Kristus yang membawa kelahiran baru (Yohanes 3:3) sehingga menjadi ciptaan yang baru (II Korintus 5:17). Lalu dengan ‘memberikan hati yang baru’ - oleh karena anugerah Tuhan, hati yang keras digantikan hati yang baru, bersih dari segala infeksi dosa, dibarui oleh kasih dan karunia Allah, diberikan prinsip dan tujuan hidup yang baru, menjadi manusia yang baru (Efesus 4:24). Dan akhirnya melalui ‘Roh yang diberikan untuk diam di dalam batin- Roh Kudus dianugerahkan kepada umat-Nya untuk menjadi guru, pedoman dan juga yang memimpin kepada kesucian.

Hal yang dapat dipelajari hari ini adalah bahwa betapa penting pembaruan hati dalam hidup rohani seseorang. Komunitas sel ada agar setiap saudara yang terlibat di dalamnya, makin hari makin diperbaharui hati dan hidup saudara, agar makin menyerupai Kristus.

MELAKUKAN
Lakukan hal-hal yang praktis namun bisa dilakukan agar komunitas sel saudara dapat memiliki semangat terus untuk bersekutu:
 ......................................................................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat yang didapat sehingga saudara bisa semangat untuk ikut senantiasa komsel kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka mengalami hal yang sama.
Ayat Hafalan: Yeremia 29:7

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”