“Kepemimpinan Yang Salah”


1 Samuel 2:12-17
MENERIMA
Berdoalah agar melalui firman ini, saudara tekun mendoakan para pemimpin kelompok kecil (PKS) di gereja saudara dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik.
MERENUNGKAN
1. Kejahatan apa saja yang dilakukan oleh Hofni dan Pinehas? (12-17)
..................................................................................................................................................
2. Mengapa kasus Hofni dan Pinehas ini dapat terjadi? (29)
..................................................................................................................................................
3. Hal apa saja yang dapat dipelajari dari kasus diatas dalam kaitannya dengan hidup berkomsel?
..................................................................................................................................................
PENGAJARAN
Nats bacaan hari ini bicara tentang Hofni dan Pinehas, anak-anak Imam Eli yang sangat jahat: seperti orang tidak mengenal Allah (ayat 12), dimana mereka mengorupsi persembahan korban sembelihan (ayat 13-16). Dan hal itu adalah menghina Tuhan yang telah mengatur bagaimana korban harus dipersembahkan dan dimakan (ayat 17). Mengapa hal ini bisa terjadi dalam keluarga yang seharusnya menjadi panutan umat Allah? Karena Eli sendiri tamak dan lebih menyayangi anak-anaknya daripada menghormati Tuhan Allah (ayat 29). Ayah mereka, Eli, imam besar, menolak untuk mendisiplin atau memecat mereka dari jabatan sebagai imam. Ia gagal membimbing anak-anaknya untuk hidup takut akan Yahweh.

Kasus Imam Eli ini sebenarnya dapat juga dikenakan pada kehidupan komsel di gereja. Suatu komsel dapat dikatakan ‘sakit’ jika pemimpin di dalam komsel tersebut - dalam hal ini pemimpin kelompok sel (PKS), gagal memimpin dengan baik dan yang seharusnya, yaitu seperti keinginan Tuhan . Kunci penggembalaan di dalam komsel terletak pada pemimpinnya. PKS harus bertanggungjawab untuk mendorong setiap anggota komselnya bertumbuh ke arah yang benar. PKS harus membangun pengetahuannya akan cara-cara menangani komsel yang sehat, dalam hal ini mengorganisasi, menggembalakan, memimpin pujian-sharing-doa, berkomunikasi, dan sebagainya.

Bagimana dengan kondisi komsel saudara saat ini? Apakah selama ini telah terjadi praktik kepemimpinan yang salah? Apakah yang sebenarnya terjadi? Praktik kepemimpinan yang salah, bisa saja terjadi karena PKS tak punya wawasan atau pengalaman atau panggilan untuk menjadi pemimpin. Hal ini dapat disembuhkan melalui pemberdayaan PKS melalui mentoring. 
MELAKUKAN
Tuliskanlah kekurangan dalam komsel saudara dan doakanlah agar komsel saudara menuju arah yang lebih baik melalui peran serta saudara!
 ......................................................................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah kekurangan komsel saudara kepada jemaat atau anggota komsel lainnya agar mereka bisa saling mendoakan komselnya untuk makin bertumbuh dewasa.
Ayat Hafalan:  Amsal 20:19

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”