“ Kesatuan dalam Jemaat”


Efesus 4:1-7
1. MENERIMA
 Berdoalah agar kebebasan demokrasi di Indonesia dapat dipergunakan untuk saling mengasihi dan bukan saling menunjukkan kepentingan pribadi.
2. MERENUNGKAN
1. Dalam hal apa hidup saudara harus berpadanan dengan panggilan sebagai orang Kristen? (1)
..................................................................................................................................................
2. Apakah yang harus dipelihara dalam kebersamaan di dalam tubuh Kristus? (3-4)
..................................................................................................................................................
3. Apakah yang menjadi dasar kesatuan di dalam jemaat? (5-6)
..................................................................................................................................................
PENGAJARAN
Kasus kerusuhan antara golongan Syiah dan Sunni di kota Sampang, Madura pada bulan Desember 2011 dan terulang lagi pada 26 Agustus 2012 makin membuktikan bahwa kesatuan dalam keberbedaan (padahal mereka sesama Muslim, sama etnis Madura, dan sesungguhnya mereka yang berkonflik masih ada hubungan saudara yang sangat dekat sekali) itu adalah barang yang langka dan makin sulit dilakukan. Belum lagi kasus-kasus perpecahan yang terjadi dalam suatu komunitas.

Tuhan telah mengaruniakan berbagai talenta sesuai kemampuan dan perannya dalam pembangunan tubuh Kristus (ayat 7). Ada kemungkinan karunia-karunia yang berbeda ini menimbulkan friksi (pergolakan) di antara mereka. Oleh sebab itu, rasul Paulus mengingatkan agar jemaat hidup sesuai dengan ‘panggilan’. Itu berarti setiap jemaat memiliki peran yang berbeda dan semua peran itu dikerjakan hanya dengan satu tujuan, yaitu pembangunan tubuh Kristus (ayat 12b). Kesatuan dalam pelbagai perbedaan itu bermuara kepada kemuliaan Allah. Kesatuan itu akan dapat kokoh jika didasarkan pada kasih Allah (ayat 2b), yang dilekatkan pada kesatuan yang sama: ‘satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, satu Tuhan, satu iman, satu baptisan, satu Allah dan Bapa dari semua...’ (ayat 3-6). 

Komunitas sel tidak boleh melalaikan kesatuan, walau pun di dalamnya ada anggota yang berbeda latar belakang budaya, pendidikan, cara berpikir atau apa pun. Biarlah kerinduan untuk memelihara kesatuan di dalam kasih Yesus Kristus mengikat komunitas saudara.


MELAKUKAN
Tuliskanlah hal-hal yang dapat saudara doakan dan lakukan bagi komunitas sel atau anggota komsel saudara agar mereka setia dan rindu bersekutu dalam komsel?
 ......................................................................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat rohani yang saudara terima ketika saudara menghadiri komsel kepada orang-orang yang terlibat dalam komsel agar mereka mengalami hal yang sama.
Ayat Hafalan : 1 Korintus 14:25

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”