“Adanya Sebuah Kegairahan”

Matius 18:18-20


MENERIMA
Berdoalah agar saudara merasakan kehadiran Allah di dalam komunitas sel atau pun dalam perenungan pribadi saudara bersama dengan Tuhan.
MERENUNGKAN
1. Prinsip penting apakah yang hendak disampaikan dalam ayat 18-19 ini?
...........................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
2. Apakah janji Tuhan bagi komunitas umat percaya? (20)
..........................................................................................................................................
PENGAJARAN
Kehadiran seseorang yang penting, orang yang berpengaruh, dan sangat diharapkan kehadirannya, pasti mendatangkan rasa nyaman, damai dan kesukaan yang tidak terkatakan. Orang tersebut bisa orang tuanya, kekasih hatinya atau siapa pun bahkan Tuhan. Komunitas sel yang akan bersemangat jika seluruh anggota yakin dan tahu bahwa Allah hadir ditengah-tengah persekutuan yang sedang diadakan.

Perikop ini memberi pengertian bahwa: (i) Allah berjanji bahwa Ia berkenan hadir di tengah-tengah umat-Nya yang berkumpul atau berkomunitas, walau pun komunitas orang percaya tersebut hanya dihadiri minimal dua orang atau lebih  (ii) anggota komsel atau PKS tidak sekedar mengundang anggota komsel lainya untuk hadir, tetapi juga harus mengundang Dia untuk hadir dalam komunitas sel mereka. Dengan kata lain untuk menghadirkan Allah dan kuasa-Nya dalam komsel, maka umat Allah berkumpul harus dalam nama-Nya, membicarakan Dia, mengagungkan, merenungkan tentang Dia, memuliakan Dia, memberi perhatian hanya kepada Dia, memikirkan misi Allah, mengarahkan hati kepada kehendak-Nya, dan lainnya. Bila Dia hadir, Ia akan hadir sebagai Allah yang berkuasa melakukan apapun, akan memberikan tanda-tanda kehadiran-Nya termasuk mujizat dan perkara-perkara ajaib lainnya dapat terjadi dan pasti dialami oleh anggota komsel. Dan itulah vitamin yang selalu menyegarkan anggota komsel, sehingga mereka akan senantiasa bergairah untuk terus dan terus menghadiri komsel.

Adakah komsel yang saudara ikuti menjadi komsel yang memberikan kegairahan bagi saudara? Jika tidak, maka saudara perlu mengoreksi diri: apakah saudara sudah mengundang Allah hadir dan bekerja dalam persekutuan yang saudara ikuti? Ataukah kehadiran saudara hanya sekedar sebagai kewajiban atau rutinitas belaka?


MELAKUKAN
Lakukan hal-hal yang praktis namun bisa dilakukan agar komunitas sel saudara dapat memiliki semangat terus untuk bersekutu:
 ......................................................................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat yang didapat sehingga saudara bisa semangat untuk ikut senantiasa komsel kepada jemaat atau anggota komsel agar mereka mengalami hal yang sama.
Ayat Hafalan: Yeremia 29:7


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”